Senin, 24 Desember 2018

Contoh Pidato Tentang Bagaimana Menjadi Siswa Yang Sukses | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ibu Guru pembimbing yang sangat saya hormati serta para teman-teman yang pastinya sanngat saya sayangi.
Pertama serta yang paling utama marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan beserta rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya yang diberikan kepada kita, Maka kita pada saat ini masih dapat berkumpul di tempat yang sama – sama kita cintai ini dengan keadaan sehat wal’afiat.
Shalawat beserta salam, tidak bosan – bosannya kita haturkan kepada roh junjungan alam, yakninya Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari zaman yang penuh kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Baiklah untuk lebih meghemat waktu langsung saja judul pidato saya yaitu Baaimana Menjadi Siswa yang Sukses.
Langkah awal yang dapat kita lakukan untuk menjadi seseorang yang sukses adalah harus mempunyai mimpi. Mimpilah dengan mimpi yang besar dan jagalah, sehingga kita akan tetap tegak walaupun ada badai menerjang, walau topan menghantam. Biarkan mimpi kita tetap berkibar diangkasa.

Jika kalian belum mempunyai mimpi, maka kinilah saatnya. Mau jadi apa kita di 5 tahun akan datang, Mau punya apa kita di 30 tahun akan daatang, Tentukan mimpi itu mulai dari sekarang. Rumuskan mimpi itu dengan benar dan tepat. Biarkan mimpi kita itu tetap mengarahkan kita hingga mimpi itu terwujud.
Sadarilah wahai teman – temanku, bahwa jika kita mempunyai mimpi mempertandakan seseorang itu mempunyai harapan. Hidup kita akan menjadi lebih bersemangat.
Cobalah kita melihat kisah - kisah para orang besar. Maka disana kita akan menemukan bahwa kesuksesan dan keberhasilan yang mereka raih sehingga namanya tertoreh dalam tinta sejarah sepanjang masa adalah diawali dari adanya sebuah mimpi.
Lihatlah bagaimana kisah Nabi Muhammad SAW, Ishak Newton, Marcopolo, Leonardo Davinci, dan ratusan orang besar lainnya. Walaupun disini kita tidak bisa membandingkan Nabi Muhammad dengan manusia biasa, namun hal diatas hanya sebagai beberapa bhan renungan bagi kita bagaimana pentingnya sebuah mimpi tersebut. Teman-teman yang saya banggakan,
Hal kedua yang dapat kit lakukan untuk menjadi sukses adalah belajarlah secara efektif.
Banyak dari kita yang baru mau belajar jika ada sebiah hal yang medadak, misalnya saja ada ujian ulangan dan sebagainya. Melakukan kegiatan seperti ini selain melelahkan dan mendatangkan stres, cara belajar seperti ini tidaklah memberikan hasil yang memuaskan, bahkan niasanya lebih sering mendatangkan kegagalan.

Setiap orang yang satu dengan yang lainnya, pasti memiliki cara belajar yang berbeda - beda. Ada yang system belajarya rutin setiap hari, dan ada pula yang mengikuti sistem atau cara belajar kebut semalam. Belajar efektif merupakan sebuah sistem cara belajar yang lebih mengutamakan hasil yang nantinya akan dicapai dari proses belajar tersebut, serta juga didukung dengan proses yang baik.
Berikut saya paparkan beberapa keuntungan dari belajar efektif, salah satunya adalah kita akan lebih cepat mengerti dan memahami tentang materi yang sedang kita pelajari. Selain itu, kita juga dapat menghemat banyak waktu untuk belajar sehingga kelebihan waktu yang tersedia tersebut dapat kita gunakan untuk mengerjakan hal-hal lain yang juga bermanfaat. Sehingga pada akhirnya kita tidak akan cepat merasa bosan karena selalu berhadapan dengan yang namanya buku. Maka untuk menghindari atau mengatasi suatu hal yang dapat menghambat usaha belajar kita, pastinya akan jauh lebih baik jika kita dapat memahami atau mengetahui bagaimana cara belajar yang baik.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, Wassalamu’alaikum Wr Wb
 
|