Senin, 31 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama2 marilah kita mengucapkan hamdallah berkat nikmat – nikmat yang telah Allah berikan berupa kesehatan baik jasmani maupun rohani serta keselamatan dan juga keselamatan, yang pada akhirnya kita bisa berkumpul ditempat yang sederhana ini. Selanjutnya yang tidak pernah tergantikan jasanya, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah kezaman yang terangini, yaitu nabi kita Muhammad SAW dengan cara senantiasa selalu bershalawat kepadanya, karena dengan banyaknya bershalawat, insya Allah beliau akan memberikan syafa’atnya di yaumul akhir kelak.
Yang terhormat bapak – ibu saudara/i hadirin sekalian, dan yang saya sayangi dan saya banggakan para genari muda yang akan menjadi pejuang masa depan bagi nusa bangsa dan agama.
Saudara – saudara sekalian, seperti yang sama – sama kita ketahui, bahwasanya lingkungan adalah tempat hidup kita dan seluruh makhluk hidup. Nah Oleh sebab itu masrialah kita selalu menjaga kelestarian atas lingkungan kita. Dengan bigitu kita akan bisa hidup dengan nyaman, dan juga terhindar dari beberapa penyakit.

Disini saya bukan berniat untuk menggurui atau bagaimana, akan tetapi saya hanya ingin mengingatkan sesama. Dan saya ada memiliki beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti misalnya memulai dengan hal – hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Sebenarnya ini adalah suatu cara yang sederhana, akan tetapi masih sangat banyak dari kta yang membuang sampah tidak pada tempatnya, naik itu sengaja maupun tidak.
Ehh sebelum saya bicara panjang lebar tentang kebersihan alangkah baiknya kita mengetahui apa sih sebenarnya arti ataupun defenisi dari kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan adalah suatu situasi ataupun keadaan dimana lingkungan kita tinggali itu layak utntuk manusia, dimana keadaan kesehatan manusia tersebut secara fisik dapat terjaga. Sekarang ini kesadaran masyarakat untuk menjada kebersihan masih agak kurang, hal ini dapat kita lihat di lingkungan sekitar kita, dimana ada banyak sampah yang berserakan dimana. Terutama ditempat – tempat umum. Hal ini menjadi yang palng besar mendapat sorotan, karena pada dararny jika berbicara soal kebersihan lingkungan masing – masing, maka dapat dikatakan sudah cukup memuaskan.
Seperti yang saya paparkan sebelumnya, bahwa kesadaran menjaga kebersihan di tempat – tempat umum masih kurang. Untuk itu mulai dari sekarang marilah kita tanamkan kembali kesadaran diri untuk menjaga kebersihan dimana pun posisi kita, baik itu rumah sendiri dan juga tempat – tempat umum.

Saya rasa hanya itulah yang dapat saya sampaikan pada pidato kali ini, terma kasis berkenan untuk mendengarkan penyampaian singkat saya dan saya mohon maaf atas segala kekurangan dan juga mohon maaf atas kesalahan dalam penyampaian yang mungkin kurang nyaman untuk didengar telinga.
Wabillah hitaufiq wa hidayah Wassalam wr wb
Demikianlah contoh pidato yang dapat saya berikan pada artikel kali ini. Terima kasih sudah mau berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
 
|