Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Tentang Akhlak

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

4 Contoh Pidato Resepsi Pernikahan ( Walimatul Arysy) | Pidato Terbaru



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Akhlak biasanya identik dengan perilaku seseorang yang dapat menunjukkan apakah orang tersebut merupakan orang yang baik atau orang yang buruk. Akhlak sendiri menurut Imam Al Ghozali merupakan sifat yang telah tertanam dalam jiwa seseorang yang menimbulkan suatu perbuatan dengan mudah dan tanpa adanya suatu pemikiran dan pertimbangan.
Pemahaman tentang akhlak sendiri sebenarnya haruslah ditanamkan sejak dini salah satunya dengan menunjukkan mana akhlak yang harus ditiru dan mana akhlak yang hendaknya dihindari. Berikut ini merupakan salah satu contoh dakwah tentang akhlak yang dapat kita pelajari untuk diambil hikmahnya. Berikut Pidato nya

Kaum muslimin yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.
Bagi umat muslim, akhlak merupakan salah satu bagian dari syariat Islam yaitu bagian dari adanya suatu larangan dan perintah. Akhlak sendiri merupakan sifat yang harus dimiliki seorang muslim agar dapat menyempurnakan pengamalannya terhadap Islam. Secara istilah akhlak sendiri mengandung makna sifat yang telah diperintahkan oleh Allah kepada seorang muslim untuk dimiliki ketika ia melaksanakan berbagai aktifitas seperti beribadah, bermuamalah, dan bentuk ibadah lainya maka ia akan melaksanakan aktifitas tersebut dengan cara yang benar. Hal ini sebagaimana Allah telah berfirman dalam QS Al Mukminun ayat 1-2 :

  1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
  2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
Beberapa sifat yang lembut yang dapat menunjukkan akhlak dari diri seorang muslim akan tampak dari segala perbuatan yang ia lakukan. Beberapa kisah telah banyak dicontohkan oleh Rosulullah dan para sahabatnya saat mereka berdiskusi , saat mereka mengkritik para penguasa yang dzolim. Ketika seorang muslim memahami betul bahwa akhlak merupakan salah satu syariat Islam yang patut untuk ditegakkan ( dalam hal ini adalah akhlakul karimah ) tentu ia akan memiliki beberapa akhlak yang menunjukkan keluhuran budi pekertinya seperti mendahulukan kepentingan orang lain, dengan menjauhkan diri dari segala sifat yang tidak baik, dermawan, tawadhuk dan masih banyak lagi sifat baik yang lainnya.
Contoh Dakwah Tentang Akhlak

Kaum muslimin yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.Beberapa hal positif yang akan didapat pengaruh akhlak Islami adalah sebagai berikut :

  1. Pada dasarnya, akhlak Islami juga memiliki kedudukan yang sama seperti syariat-syariat Islam lainnya dimana ia akan mampu menjadikan seorang muslim memiliki kepribadian yang baik dan unik ketika ia berhubungan dengan masalah muamalah dengan orang lain.
  2. Dengan akhlak Islami maka akan menciptakan rasa kasih sayang dan rasa saling menghormati antara sesama individu baik itu dalam lingkup yang sempit seperti keluarga hingga lingkup yang luas yaitu sebuah masayarakat hingga negara.
  3. Secara pribadi, dengan memiliki akhlak yang Islami tentu saja akan mendapatkan pahala yang luar biasa dari Allah yaitu akan dijadikan sebagai kerabat Rosulullah pada saat di akhirat dan akan menemani Rosulullah dalam menikmati keindahan surga. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yaitu “Sesungguhnya yang paling kucintai di antara kalian, dan orang yang paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang palimg baik akhlaknya. (HR. Bukhari). Bahkan ketika nabi Muhammad SAW ditanya oleh para sahabat tentang orang yang akan masuk syurga maka Rosulullah bersabda “Yang paling bertaqwa kepada Allah dan paling baik akhlaknya."