Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Penyu Sedunia 23 Mei 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Ulang Tahun Kota Jakarta 22 Juni 2019





Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin yang saya hormati, pertama tama marilah kita semua memanjatkan rasa puji dan syukur atas kehadiran Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya kita hari ini dapat berkumpul bersama sama dengan di berkahi rahamt sehat jasmani dan rohani. Tak lupa pula saya panjatkan sanjungan kepada nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia, kali ini disini kita semua, sedang merasakan gempa gempita rasa senang adanya hari bersejarah yakni adalah hari pelestarian peyu dunia, rasa sadar akan kehidupan penyu yang semakin lama semakin terancam mengentakkan hati kita semua untuk ikut serta dalam menjaga dan merawatnya.
Para hadirin yang saya banggakan, seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya bahwa kehidupan peyu saat ini sedang terancam, dan jika di biarkan saja maka kemungkinan akan mendapatkan kepunahan untuk selama lamanya bisa saja terjadi. maka untuk itulah Indonesia negera kita yang merupakan salah satu kawasan dengan keberadaan penyu terbanyak diantara belahan dunia lain. haruslah ikut serta dalam pelestarian penyu.

Para hadirin sekalian, sudah tahukah anda bagaimana cara pencegahan peyu peyu itu agar tidak punah? Cara nya begitu sangat mudah, dan gampang yang penting kita semua punya niat dan tekad yang kuat untuk mendukung programnya yakni adalah konservasi.
Konservasi adalah langkah nyata perlindungan bagi peyu, dimana konsep dasar konservasi ini tertumpu pada tiga aspek ini berdasarkan oleh pendapat dari Callicott dan Trombulak yakni “menjaga keangeramana hayati, keutuhan ekologi dan kesehatan ekologi”.
Dengan adanya teori yang telah di sebutkan sebelumnya, para hadirin sekalian. maka sudah di pastikan semua orang akan menyadari dan memahami lebih dalam akan pentingnya komponen alam dalam hal ini ada kaitannya dengan keberadaan penyu. Yang mana ini akan di jadikan salah satu citra besar bagi keanekaragaman hayati.

Oleh karenanya para hadirin sekalian, dengan langkah konservasi peyu contohnya peyu hijau yang ada di berbagai daerah yang ada di nusantara ini. maka akan memberikan resortasi, keutuhan dan juga kesehatan bagi berbagai jenis dan spesies peyu yang ada dan tersebar di seluruh kawasan nusantara.
Lanjut para hadirin sekalian ini sangatlah penting sekali untuk di lakukan seperti peyu yang akan terancam punah. maka resiko kepunahan itu dapat di cegah, dengan jalan menghidarkan kegiatan yang eksploitasi yang di lakukan oleh banyak kalangan manusia.
Yang mana ini dapat terjadi karena adanya berbagai alasan, kurangnya pemahamanan pentingnya keaneka ragama hayati, desakan ekonomi, dan juga adanya hobi yang salah kaprah yang sering menjadikan peyu menjadi objeknya.

Oleh karena itu para hadirin sekalian yang ada disini, dengan adanya hari dan peringatannya atas nama penyu sebagai salah satu spesies yang di lindungi di dunia ini. maka sudah di pastikan ini akan menyadarkan pada tiap insane manusia agar terus dan selalu saling menjaga dan rukun walaupun mereka hanya sekedar hewan. Tapi pada dasarnya mereka pun memiliki hak untuk di lindungi dan di jaga keberadaannya. Hal ini akan membantu akan keberlangsungan dari dunia ini karena keseimbangan alam terus terjaga dengan baik dan sesuai dengan kodratNya.
Maka untuk itulah lindungilah dan dukung gerakan untuk hewan penyu ini. dan saya sampaikan terima kasih untuk kehadiriannya, dan saya ucapkan maf bila ada tutur kata yang salah , dan saya mohon ampun kepada Tuhan jika ada perkataan yang menyinggung.
Saya akhiri wasalamu alaikum Wr. Wb.

Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga contoh teks pidato diatas 23 Mei: Hari Penyu Sedunia. Dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.