Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Koperasi Pada 12 Juli 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Angkatan Bersenjata 5 Oktober 2019




Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama tama dengan mengucap rasa puji dan syukur atas kehadiran tuhan yang maha Esa maka hari ini kita dapat berkumpul bersama sama dalam rangka merayakan hari penting dan bersejarah ini yakni hari koperasi. 

para hadirin yang saya hormati, sebenarnya ide untuk di dirikannya koperasi ini telah lama muncul di Indonesia. hal ini berkiblat dengan adanya rumusan pasal pada ayat 33 UUD 45 yang aman ini berkaiatan dengan di warnainya perekonimian Indoneisa dengan semangat untuk perencanaan korperasi sebagaipilar utama perekonomian Indonesia. sehingga membuat koperasi menjadi badan usaha milik pemerintah yang akan memberikan banyak sekali manfaat bagi para anggotannya.
Dan dewasan ini, pemerintah telah memberikan kesempatan yang seluas luasnya bagi koperasi.Dengan besarnya dana, waktu dan juga perhatian yang di curahkan untuk menciptakan kesempatan membentuk wadah perekonomoan rakyak. Pada saat ini pun telah kita ketahui semua telah banyak sekali koperasi yang terbentuk di seluruh wilayah Indonesia dari sabang hingga dengan merauke. Pada saat ini kit asemua telah menyaksikan pula peran pemerintah yang membatu koperasi yakni dengan memberikan dana untuk pembangunan berbagai koperasi yang ada di seluruh wilayah di Indonesia.

Para hadirin sekalian yang saya hormati, terlepas dari hal hal yang telah saya sebutkan sebelumnya, yang terpetning bagi kita semua saat inia dalah kejujruan dalam mengelola koperasi, dan serta pentingnya kesadaran untuk memajukan kopersi untuk kepentingan bersama dan tidak lupa pula solidaristas yang mantap dari semua anggota koperasi serta para pengurusnya.
Sikap mental dan moral yang kuat sangatlah di perlukan sekali dalam terselenggarnya dan berkemabngnya koperasi yang jauh kedepan dan modern. namun tidak menghilangkan nilai nilai yang ada di dalamnya.

Dan satu hal lagi yang perlu di ingat dan di perhatikan bahwa dalam hal ini yang terpenting lainnya adalah bagaimana koperasi dapat di kelola dengan baik secara profesional dengan menggunakan tenaga tenaga ahli yang begitu terlampil, terdidk dan memiliki daya saing yang kuat. Sebagai pelengkap yang lainya secara kualitatif, baik pengurus pelu juga untuk di tingakatkan. terutama untuk kekampuan managemen, administrasi, dan organisasi usaha yang lainnya. dan ini pun berkaiatn dengan kemampuan tersebut sangatlah penting untuk mencptakan koperasi yang hadna dan dapat menopang perekonomian rakyat dan juga nasional. Oleh karenanya, para pengurus dan anggota koperasi haruslah yang profesional dan sangat peduli dengan kepentingan bersama anggota.
Para hadirin sekalian, dengan bekal profesionalisme yang di dasarkan dan di landasi dengan asas kekeluargaan. maka dapat menciptakan koperasi sebagai usaha yang sangat tanggung dalam menghadapi persaingan bebas dan juga dapat menjadi sebuah wahana yang tangguh bagi golongan ekonomi yang tergolong lemah dalam bersaing dengan para perusahaan yang mengandalkan kekuatan modal yang jauh lebih besar.

Untuk itulah saya akhiri, dengan harapan semoga kehidupan perkoperasian kita akan terus mengalami peningkatan dan juga kejayaaya sehingga ini dapat memberikan kontribusi yang sangat besar sekali dalam membangun perekonomian bangsa dan mudah mudahan pula koperasi dapat meningkatkan kesejahteraannya bagi seluruh anggotannya.
dan Mudah-mudahan pula pidato ini 12 Juli: Hari Koperasi bermanfaat dan bisa menjadi pendorong untuk kita dalam meningkatkan dan memajukan kehidupan berkoperasi di Indonesia.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Semoga contoh pidato yanga di atas bisa di jadikan referenses dan contoh yang terbaik untuk Anda sekalian dan tidak hanya itu saja semoga ini pun mempu memambah pengertian dan wawasan anda terhadap pentingnya koperasi, terima kasih atas kunjungannya.