Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Bhayangkara Pada 1 Juli 2019




Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Untuk Anda sekalian, para hadirin yang terhormat, pertama-tama marilah kita panjatkan kehadiran Allah SWT yang mana berkat, rahmat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat jasmani dan rohani, kedua kalinya sholawat teriring salam marilah kita sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah nanti. Amin
Para hadirin sekalian, adanya dharma wanita ini lahir sebagai akibat dari emansipasi wanita yang semakin kuat perannya di kalangan masyarakat. Dulu wanita hanya di pandang sebagai kaum biasa dan cenderung di pandang sebelah mata oleh banyak kalangan. Akan tetapi dengan adanya semangat yang di berikan oleh sang motivator RA. Katini ini memberikan banyak sekali inspirasi yang berguna untuk kalangan yang ada di Seluruh pelosok negeri.

Para hadirin yang saya banggakan, wanita pun saat ini lebih berperan flesibel, di zaman dahulu kala wanita pun di anggap sebagai orang yang tidak boleh memberikan perannya di tengah tengah kalangan masyarakat luar. Ini berkaitan dengan paradigma yang sebelumnya telah terbentuk di kalangan masyarakat bahwa wanita hanya boleh bekerja di rumah, mengurus anak, suami dan rumah. Di sisi lain saat ini sudah banyak sekali wanita yang telah ikut dengan perkembangan arus IPTEK dimana banyak sekali wanita wanita yang telah duduk di pemerintahan, bekerja di pemerintahan, pengusaha dan masih banyak tempat tempat yang lainnya.

Dengan demikian dalam kesempatan ini saya bisa tegaskan bahwa dengan adanya perayaan ini maka usah di pastikan para kaum wanita itu mampu mendedikasikan hidup mereka dalam berbagai segi kehiudpn contohnya wanita bisa memiliki peran ganda yakni sebagai orang yang mencari nafkah dan juga bisa menjadi orang yang mengurus urusan rumah tangga. Coba saja anda bayangkan ini tidak akan pernah terjadi kepada pihak laki laki. Karena memang wanita tercipta sebagai mahlukyang sangat tangguh.

Dan tidak hanya itu saja dasar wanita yang memang memiliki tingkat kreativitas lebih baik dari kaum pria juga bisa di jadikan dasar bahwa kaum wanita mampu maju selangkah lebih kedepan dari laki laki.
Untuk itulah dengan adanya perayaan ini di harapkan banyak kaum wanita yang di luar sana terinspirasi dan termotivasi bahwa mereka pun mampu maju dan mengemabangkan potensi diri di tengah arus globalisasi yang dapat memberikan kesempatan yang luar biasa untuk mereka. Di sampng itu dengan menjadi wanita yang mandiri tentunya akan memberikan rasa percaya diri yang lebih untuk Anda dalam menjalani hidup yang jauh lebih baik lagi.

Namun dari itu semua saya tekan kan juga wnaita pun harus tetap ingat dengan kodratnya yakni adalah seorang ibu dan istri . dan untuk itulah walaupun nantinya kelak Anda memiliki karir dan banyak waktu bekerja namun harus juga pandai pandai dalam mengatur rumah tangga dan merawat diri karena faedah dari wanita dalah sebuah keidnahan, dan tidak hanya itu sebagai wanita pun harus mampu memberikan dukungan bagi keluarga terutama untuk suami yang mana jika suami sedang menjalankan tugas maka wanita wajib menyemangati dan memberikan dukungan. Maka bisa di tarik kesimpulan jadilah wanita yang bijak, mandiri, namun tetap menguatamakan keluarga.
Sekian dari saya semoga pidato ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian dan juga dapat menginspirasi bagi anda yang ada di rumah. Terima kasih atas partisipasinya, lebih kurangnya saya mohon maf dan kepada tuhan saya mohon ampun
wasalamualaikum wr wb

Semoga artikel contoh pidato yang ada diatas 5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional dapat bermanfaat untuk Anda sekalian, dan terima kasih telah membaca dan menyimaknya.