Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Tentang Adab Makan dan Minum




Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hadirin sekalian yang saya hormati!
Pada kesempatan ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat-Nya kita berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa ada halangan suatu apapun. Mudah-mudahan pertemuan kita pada kesempatan ini senantiasa mendapat ridho-Nya.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Saw karena berkat beliaulah Islam bisa sampai ke penjuru pelosok dunia, sehingga kita bisa membedakan mana yang haq dan yang bathil.

Hadirin sekalian yang kami hormati!
Pada acara peringatan hari guru nasional ini kembali kita di ingatkan bahwa sebagai pelajar kita harus mengetahui dan banyak belajar agar apa yang kita-kita cita-citakan bisa tercapai. Dan semua orang tentu saja menginginkan bahwa apa yang dicita-citakan berhasil dengan penuh kesuksesan dalam kehidupan ini. Baik hidup di dunia maupun hidup di akhirat kelak. Karena bagi orang yang normal fikiran dia akan semangat belajar, sekalipun jauh tempatnya.
Dan kita mengetahui bahwasanya dengan belajar yang giat, maka seseorang akan lebih baik dan bahagia dalam hidupnya. Dan hanya dengan ilmu lah sebagai sarana seseorang akan mendapat kebahagiaan hidup, baik dunia sampai akhirat kelak. Sehubungan dengan hal ini, maka sangat benar sekali sebagaimana sabda Nabi Saw yang berbunyi:

Man arodad dunya fa alaihi bil ’ilmi
Wa man arodal akhirah fa alaihi bil ’ilmi
Wa man aroda huma fa alaihi bil ’ilmi.
Artinya:
"Siapa yang menginginkan dunia, dia harus punya ilmu, Siapa yang menginginkan akhirat, dia harus punya ilmu, Siapa yang menginginkan keduanya, dia harus punya ilmu.

Jadi ilmulah yang mempunyai peran penting dalam kehidupan ini. Untuk itu pada acara peringatan Hari Guru Nasional ini marilah memiliki jiwa yang semangat dalam menuntut ilmu, sekalipun jauh tempatnya.Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan pada kesempatan ini membawa manfaat kepada kita semua, sehingga kita bisa mengamalkan ilmu yang telah kita miliki dengan penuh ikhlas dan semata-mata mencari ridho Allah SWT. Semoga Allah senantiasa memudahkan kita dalam mencari ilmu sekaligus memberi ilmu yang bermanfaat. Billahitaufiq Wal Hidayah
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu