Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Satelit Palapa Pada 9 Juli 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Krida Pertanian 21 Juni 2019




Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin yang terhormat, pertama-tama marilah kita semua secara serempak dan bersama sama memanjatkan kehadiran Allah SWT, yang mana berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama sama dalam keadaan sehat walafiat. Dan lupa pula sholawat teriring salam marilah kita semua sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah nanti. Amin
Para hadirin sekalian yang saya hormati dan cintai, sudah tahukah Anda bahwa saat ini kita semua dapat dengan mudah dan nyaman menikmati berbagai fasilitas dan layanan televisi dan yang lainnya karena adanya peristiwa bersejarah yakni peluncuran satelit palapa. Ia mungkin tidak banyak orang yang akan mengetahuinya.

Peluncuran satelit palapa sebagai satelit komunimasi domestik yang pertama kali di lakukan di tanggal 9 Juli 1976. Satelit ini merupakan buatan Hughes (AS) Florida, AS ini di luncurkan dari tanjung Canaveral yang kemudian di namakan dengan palapa A-1. Dengan adanya peluncuran satelit ini membuat Indonesia menjadi negera ke 3 di dunia yang berhasil meluncurkan satelitnya ke luar angksa setelah AS dan juga Kanada. Sehingga dengan keberadaan satelit ini maka semua seluruh warga yang ada di Indonesia dapat melakukan berbagai ragam aktivitas komunikasi dengan sangat nyaman sekali dari sabang hingga marauke.
Jadi para hadirin sekalian sudah sangatlah nampak sekali mengenai manfaat yang di rasakan oleh adanya peluncuran satelit yang satu ini bagi aspek kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia ini. dampak yang di maskud adalah dampak poisitif tentunya.

Para hadirin sekalian yang saya hormati dengan adanya perayaan hari satelit palapa ini, maka akan menyadarkan kita bawah berbagai media hiburan yang ada saat ini memang bergantung dengan adanya keberadaan satelit canggih ini. contohnya saja layanan hiburan seperti Radio dan televisi maupun juga HP yang mana kesemua sarana komunikasi tersebut bisa dinikmati karena adanya layanan satelit palapa. Dan tidak hanya terhenti di situ saja para hadirin sekalian, dengan adanya keberadaan satelit ini maka akan memberikan daya pembangunan yang begitu sangat cepat sekali pada area telekomunikasi. Dimana dengan adanya ini maka memunculkan banyak sekali berbagai siaran siaran baru baik yang di pegang oleh pemerintah maupun swasta.
Dan manfaat ini pun tidak main main kegunaannya bagi para orang orang yang memang jauh terhadap jangkuan komunikasi karean saat ini pun mereka sudah dapat menikmatinya dengan sangat mudah dan nyaman. Sebagai contoh saja untuk warga yang tinggal di remote area dan memang rendah akan lalulintas signal maka saat ini sudah ada alat terbantukan yakni parabola yang berfungsi untuk menangkan signal signal yang ada di sekitar area tersebut.

Di samping itu untuk para orang orang yang ada di kota maka sangat mudah sekali yakni hanya dengan menggunakan TV kabel ataupun menggunakan TV channel yang mana kesemuanya itu menggunakan fasilitas layanan dari satelit palapa yang sejak dulu telah di luncurkan. Dan para hadirin sekalian fakta penting yang lainnya mengenai satelit palapa dan Indonesia ini adalah dengan adanya peluncuran satelit palapa A 1 ini. maka menjadikan Indonesia negara pertama yang ada di Asia tenggara yang memiliki satelit pemersatu. Dan untuk itulah maka dengan adanya ini di harapkan Indonesia menajdi negera yang lebih moderat dan dapat menjadi sebuah negera dengan potensi yang besar dan tidak tertinggal dalam perkembangan di bidang IT.

Oleh karenannya para hadirin sekalian, lewat uraian yang saya telah berikan di pidato saya maka sudah dapat di pastkan bahwa banyak sekali manfaat yang di dapatkan dengan adanya peluncuran satelit palapa ini untuk negera kita tercinta. Jadi sebagai anak bangsa kita semua berpatut bangga diri dan selanjutnya memanfaatkannya dengan maksimal dan kearah yang lebih possitif.
Sekian dari saya dan lebih kurangnya saya minta maf dan kepada Tuhan saya mohon ampun, terima kasih atas partisipasinya, wasalamualaikum wr wb.

Semoga contoh teks pidato dari 9 Juli: Hari Satelit Palapa, dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.