Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Ulang Tahun Kota Jakarta 22 Juni 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Anti Narkoba Sedunia Pada 26 Juni 2019





Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin yang terhormat, pertama-tama marilah kita semua secara serempak dan bersama sama memanjatkan kehadiran Allah SWT, yang mana berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama sama dalam keadaan sehat walafiat., dan lupa pula, sholawat teriring salam marilah kita semua sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah nanti. Amin
Para hadirin sekalian yang saya hormati, buah merupakan salah satu makanan yang kita konsumsi tiap harinya, buah menjadi salah satu makanan pelengkap dari menu utama makanan yang tiap hadir di meja makan. Begitu pentingkah buah? Ia tentunya buah adalah contoh dati makanan yang memiliki banyak sekali kandungan yang di butuhkan oleh tubuh yang tidak akan di dapatkan dari makanan lain dari jenis apapun di dunia ini.

Para hadirin sekalian, tahukah Anda pertama kali dan dimana di rayakan perayaan dari hari buah internasional yang jatuh di tanggal ini 1 Juli. Peringatan untuk hari buah pertama kali di rayakan di tahun 2007 tepatnya di bumi Eropa, Berlin Jerman, dan kemudian perayaan di lakukan di seluruh dunia. Tujuannya adanya perayaan ini untuk memberikan wawasan baru mengenai keanekaragam buah yang ada di Dunia ini, yang memang kenyataannya benar benar sangat kaya sekali.
Di sisi lain kemunculan dari hari ini adalah berawal dari adanya solidaritas untuk keberadaan buah dan sayur yang mana keduanya sama sama di jadikan sebuah hidangan yang spesial diatara menu utama. Sehingga dengan adanya perayaan buah ini akan dapat menciptakan adanya pertukaran budaya.
Dan di sisi lain dengan adanya perayaan hari buah ini akan memberikan kesadaran bagi seluruh umat manusia yang tersebar di planet bumi ini untuk sadar dan menjadikan buah sebagai gaya hidup mereka sehari hari.

Apalagi untuk negera kita yang kita cintai ini para hadirin sekalian, Indonesia yang memang sangat kata sekali oleh buah buahan, hal ini tidak terlepas dari letak Indonesia yang memang memiliki iklim tropis. Jadi sudah di pastikan buah yang di hasilkan dari negera kita sangatlah banyak sekali ragamnya. Tapi apa yang terjadi sekarang tidak sesuai sekali dengan harapan banyak orang, dimana saat ini buah buahan asal negera kita harus menghadapi berbangai tantangan yang sangat berat sekali, pertama saat ini telah banyak kebijakan pemerintah yang membuat sulit para petani untuk menjual hasil panen mereka karena mereka harus memenuhi persyaratan perinjinan terlebih dahulu. di samping itu pula masih banyak yang percaya bahwa kualitas buah tingkat lokal masih sangat jauh bila di bandingkan dengan kualitas impor. sehingga sangat wajar sekali banyak konsumen yang beralih dari lokal ke impor, dengan kata lain ini akan sangat merugikan sekali bukan untuk bangsa kita yang kaya akan buah buahan namun sangat sedikit yang mau mengkonsumsinya.

Para hadirin sekalian yang saya hormati fakta mencenangkan yang lainnya yang di alami buah kita Indonesia tidak cukup terhenti hingga di situ saja. namun saat ini masih banyak saja di temukan orang orang Indonesia yang tidak suka mengkonsumsi buah yang jumlahnya lumayan banyak hingga membuat Indoneia menjadi salah satu negara dengan julukan konsumsi buah terendah.
Sehingga sepatutnya banyak kalangan yang memang beredukasi tinggi, serta para pejabat yang berwenang memberikan peyuluhan mengenai pentingnya konsumsi buah sejak dini karena ini akan memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia yakni untuk di jadikan sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, yang saat ini semakin hari semakin parah.

Oleh karena itu saran dari saya para hadirin sekalian, mulai dengan detik ini perbanyak konsumsi buah karena sangat bermafaat sekali dan selain itu cintailah produk dalam negri sendiri. karena produk buah Indonesia tidak kalah kualitasnnya dengan yang di dapatkan dari impor.
Terima kasih atas partisipasinya, lebih kurang saya mohon maf dan kepada Tuhan saya mohon ampun. Terima kasih wasalamualaikum wr wb.

Semoga artikel Contoh Pidato Hari Buah Pada 1 Juli semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian yang ada di rumah.