Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Kemerdekaan HUT RI 17 Agustus 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2019




Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama yang jangan pernah terlupakan walau hanya sebentar yaitu bersyukur kepad Allah SWT karena diamasih memberi banyak nikmat kepada kita termasuk kemerdekan yang sedang kita rayakan saat ini. Selain itu hal yang tak bosan – bosannya kita lakukan yaitu bershalawat kepada nebi besar Muhammad SAW

Pada kesematan kali ini marilah kita mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan tanpa ada rasa takut akan mati. Dengan mengenang bagaimana perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan dahulu kita menjadi sadar bahwa tanggung jawab kita sekarang adalah mempertahankan kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan. Seperti yang kita ketahui di zaman yang seperti sekarang ini pasti sduah jarangsekali yang namanya penjajahan decara fisik. Tapi sebenarnya Negara kita sedang dijajah oleh Negara lain. Misalnya saja para pemuda yang berbusana kurang baik Karena mengikuti budaya barat. Untuk itu mari kita pertahankan kemerdekaan ini tidak hanya dari segi fisik, misalnya saja dengan memberika pengetahuan tentang agama yang lebih kepada generasi muda kita.
Pada 17 Agustus 1945 tepatnya 63 tahun yang lalu pada pukul 10.00 WIB pendeklarasian kemerdekaan Republik Indonesia secara resmi diproklamasikan. Hal ini menandakan bahwa seluruh rakyt Indonesia menyatakan bahwa kami telah merdeka dan sudah tidak terikat dengan penjajahan Negara lain.

17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia selalu memperingati kemerdekaan, dengan sangat menyenangkan. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan pada hari itu, misalnya mengadaka lomba, seperti Panjat Pinang dll. Dan hal yang paling utama adalah pada setiapa tanggal 17 agustus seluruh instansi mengikuti upcara bendera yang dipimpin oleh seorang yang yang menjadi orang terhorat disuatu daerah lembaga dan sebgainya. Misalnya saja di Istana Merdeka, disana Presiden RI langsung yang menjadi pemimpinj upacara.

Mari kita coba merenungkan pernyataan yang telah dilontarkan oleh presiden pertama kita yaitu Ir Soekarno yang pernyataannya bermakna:
“Berikan aku arang tua 1000 orang, maka akan kucabut gunung semeru dari akarnya, dan berikan aku 1 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”.
“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”
“Jadikanlah deritaku saat ini sebagai kesaksian, kalau berkuasanya seorang presiden hanya sementara, karena Kekuasan yang langgeng adalah kekuasan rakyat. kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
“Apabila rasa malu di dalam diri seseoran untuk berbuat suatu kebaikan masih ada, maka tidak akan bertemu dengan kemajuan adalah hasil yang akan dia panenen.

“Menghormati jasa para pahlawannya adalah ciri – ciri Negara yang besar.”
“Jangan pernah mengira bahwa jasa kita sudah cukup dengan segi tiga warna. Selama digubuk – gubk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.”
Marilah kita mencba merenungkan apa yang telah disampaikan oleh bapak presiden pertama kita itu. Sekian yang bisa saya sampaikan, wassalamualaikum warahmutulohi wabarakatuh

Demikianlah Contoh Pidato Hari Kemerdekaan HUT RI, semoga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan sobat-sobat semuanya.