Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Peringatan Konferensi Asia Afrika 18 April 2019

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:

4 Naskah Pidato Tentang Perpisahan Kelas 6




Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.

Contoh Pidato

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdullah hirrobil alamin, pada pagi yang sangat cerah ini, kita dapat berkumpul bersama sama dalam memperingati hari penting dan bersejarah Nasional, yakni hari peringatan konfrensi Asia Afrika, yang mana ini dapat terjadi karena adanya berkah, rahmat serta izin dari Allah SWT, maka untuk itulah mari kita ucapkan syukur alahmdulilah bersama sama.
Para hadirin yang saya hormati, Konfrensi Asia Afrika merupakan salah satu bukti perjalanan sejarah nasional yang terjadi di dearah Bandung, maka untuk itulah bukan hal yang baru kita dengar jika kita lebih familiar dengan sebutan konfrensi Bandung.

Para hadirin sekalian, dengan adanya KAA ini, maka Indonesia, tanah air kita yang tercinta ini masuk dalam jajaran dari banyak negara Asia Afrika yang sangat cinta damai dan saling menghormati diantara negera yang lainnya adalah Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan.
dengan keterlibatan Indonesia, masuk dalam organisasi ini, menunjukan bahwa negera kita adalah salah satu negera yang menganut adanya ideologi terbuka, yang artinya mau ikut dalam perkembangan dan kemajuan dari iklim politik yang ada di Dunia.

Para hadirin sekalian yang saya muliakan, munculnya dari KAA tidak lepas dari rasa keinginan dari setiap anggota tidak menginginkan adanya kekuatan kekuatan Asing terutama kekuatan barat untuk masuk ke dalam urusan setiap anggota dari gerakan KAA ini, dan di samping itu para hadirin sekalian, dengan keberadaan ini bisa di jadikan landasan yang sangat baik karena cara pandang tiap adanya negara anggota yakni sama, yaitu tidak ingin mereka di pengaruhi oleh berbagai keputusan keputusan yang bisa saja di keluarkan oleh setiap negera yang di luar anggota terutama untuk ke dua negera super power yakni Amerika Serikat & Uni Soviet. Sebagai hasil dari Perang Dingin yang telah terjadi di masa lampau.
Di pihak lain para hadirin sekalian, dengan keberadaan dari KAA Ini, di upayakan mampu memberikan suasana damai untuk berbagai negera di luar anggota dengan cara menjadi organisasi penengah, yang akan menengahi pada tiap masalah yang ada di negara.
Seperti yang pernah terjadi antara pihak Tiongkok dan barat, maka dengan adanya KAA Ini di anggap mampu memberikan angin segar untuk mereka dalam kaitannya meredam permusuhan yang terjadi.

Kemudian para hadirin sekalian, dengan adanya keberadaan KAA ini dapat juga menggairahkan perekonomian nasional untuk berkembang jauh lebih baik sekali karena berbagai negara yang ada di dalamnya, siap melakukan berbagai kerjasama baik di bidang ekonomi, budaya, politik dan sosial.
Dengan begitu maka penting bagi Anda sekalian, untuk terus memaknainya, sebagai hal yang positif agar kemudian ke depannya pun akan menjadikan perekonomian, pengetahuan,serta rakyat dan bangsa Indonesia jauh lebih bermartabat.
Jadi demikianlah rangakaian kata yang saya bisa berikan kepada Anda sekalian, terima kasih atas kehadirannya, jika ada tutur kata yang salah sata mohon maf dan kepada tuhan saya mohon ampun.
Wassalamu Alaikum wr.wb

Terima kasih atas berkenannya Anda membaca teks Pidato Hari Konferensi Asia Afrika yang ada di atas, semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda sekalian.