Selasa, 25 Desember 2018

Contoh Pidato Mengenai Ekstrakurikuler | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang pertama marilah kita senantiasa selalu bersyukur atas berkat limpahan karunia yang telah kita terima sehingga kita bisa berkumpul di sini dengan keadaan sehat wal’afiat.

Setelah itu shalawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepangkuan nabi kita Muhammad SAW. Semoga dengan memperbanyak shalawat, kita akan mendapatkan safaatnya diyaumul akhir nanti.

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru selaku penguji untuk ujian praktek bahasa Indonesia, dan teman – teman sekalian yang berbahagia, ini saya akan membawakan pidato yang berjudul berprestasi dengan cara mengikuti Ekstrakurikuler di dalam lingkungan sekolah. Sebelum saya semakin jauh berpidato tentang Ekstrakurikuler, terlebih dahulu saya menjelaskan apa itu yang namanya ekstrakurikuler. Ekstrakulikuler atau yang populernya disebut dengan ekskul adalah suatu kegiatan pendidikan yang berada di luar mata pelajaran yang bertujuan untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan potensi, kebutuhan, bakat dan minat para anak didik melalui sebuah kegiatan secara khusus yang diselenggarakan oleh para institusi sekolah, para pendidik ataupun para tenaga kependidikan.

Dengan diadakannya sebuah kegiatan ekskul, maka secara tidak langsung hal itu bisa membawa nama baik sekolah apabila dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan tersebut membuahkan hasil yang baik dan optimal. Hasil optimal yang didapat dari ekskul tentu saja tidak lepas dari peran penting kepala sekolah dan kesiswaan serta juga dukungan pendanaan yang ada. Dengan adanya ekskul, Potensi siswa juga dapat dilihat dari keikutsertaan siswa tersebut dalam ekskul. Karena di dalam kegiatan ekskul inlah perkembangan dan peningkatan kegiatan ekstra bisa dilakukan.

Berikut ini merupakan beberapa alas an, mngapa betapa pentingnya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang diadakan di sekolah:

1. Kegiatan ekstra kurikuler yang dilakukan ini dapat mengembangkan bakat - bakat yang dimiliki oleh siswa dari sekolah tersebut. Contohnya saja, jika seorang siswa memiliki bakat dibidang musik dapat bergabung dalam kegiatan musik sekolah misalnya saja seperti band, atau marching band sekolah. Sebab tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberi tempat bagi siwa untuk mengembangkan bakat yang dimiliki olehnya. Sehingga bakat dan juga minat siswa dapat ditampung, dikembangkan dan dikoordinasi dengan baik dan tepat.

2. Kegiatan sekolah ekstra kurikuler ini juga dapat memperluas pergaulan siswa “remaja”. Misalnya saja siswa menekuni kegiatan ekstra basket, ketika ada sebuah pertandingan melawan tim basket sekolah lain. Maka hal tersebut adalah salah satu peluang siswa untuk mendapatkan teman – teman yang baru.

3. Kegiatan sekolah ini, juga efektif dalam usaha untuk mencegah kenakalan remaja. Karena remaja tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan hal - hal yang kurang bermanfaat. Selain dari pada itu, siswa juga menjadi memiliki lingkungan pergaulan yang sehat dan mendapat bimbimbingan serta pengawasan yang baik.

Saya juga menghimbau agar rekan - rekan seperjuangan sekalian, agar dapat setidaknya mengikuti satu kegiatan eskul, karena mengikuti eskul tak hanya dapat membuat diri kita mengembangkan diri, akan tetapi eskul juga dapat membuat diri kita berprestasi. Ikutilah bisikan hati saudara sendiri dalam mengikuti eskul karena hanya kita sendiri yang dapat mengetahui diri kita sendiri.

Demikinlah Pidato singkat saya mohon maaf apabila ada kesalahan, saya akhiri waassalam
 
 
 
|