Senin, 10 Desember 2018

Contoh Pidato Hari Wanita TNI Angkatan Udara Indonesia | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Asalamu’alaikum Wr.Wb
Untuk Anda sekalian, para hadirin yang terhormat, pertama-tama marilah kita panjatkan kehadiran Allah SWT yang mana berkat, rahmat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat jasmani dan rohani, kedua kalinya sholawat ter-iring salam marilah kita sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah nanti. Amin

Para hadirin sekalian, sudah bukan barang yang asing lagi jika kita membicarakan mengenai sejarah perjuangan nasional. maka kita akan langsung tertuju pada kenangan masa lalu yakni perjuangan yang di lakukan oleh para tentara yang gagah berani di medan perang. Karena jikalau sudah berbicara mengenai perang maka kita akan menyinggung mengenai pasukan pertahanan yang di miliki Indonesia, yang pastinya Anda akan berfikir menganai para prajurit laki laki lengkap dengan atribut dan juga senjatanya. Namun semua itu tidak benar karena pada zaman dahlu kala ternyata ada kaum yang dianggap lemah ternyata ikut juga memberikan kontribusi melindungi negara. Dan ini di buktikan dengan adanya pengorbanan yang begitu sangat besar sekali yang telah di lakukan oleh para kaum tersebut di masa penjajahan belanda. 
 
Para hadirin sekalian, ternyata apalah kalain semua sadar ternyata di balik nyamannya kemerdekaan yang kita rasakan ini terselip sebuah perjuangan dan peran serta kaum wanita dalam masa perjuangan mewalan bangsa belanda begitu sangatlah besar sekali baik di bidang pendidikan maupun di bidang pertahaana inilah yang di lakukan oleh para Wanita TNI Angkatan Udara (Wara).
Ini pun di tekankan kuat sekali dalam sebuah pasal bahwa wanita pun harus ikut ambil bagian dari adanya pembelaan negara, tepatnya di pasal 30 ayat 1 UUD 45 yang mana menyatakan bahwa tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negera, jadi peran serta kaum wanita Indoenesia dapat di buktikan dalam sejarah nasional sejak adanya perang kemerdekaan sempai dengan kembalinya irian barat ke pangkuan ibu pertiwi.

Maka itulah para hadirin yang saya hormati, dengan bercermin pada titik tolak dan fakta secara historis berlandasarkan oleh UUD 45 dan landasan Indil pancasila, maka sudah di tegaskan bahwa peranwaniat bukan main main dalam mempertaruhakan dan juga membela negara.
Jadi dengan adanya perayaan ini tentunya nanti kita semua harus mengerti dan menghormati setiap perjuangan yang di lakukan oleh para pahlawan kita baik dari kalangan wanita dan pria dan di pastikan untuk Anda para wanita dengan adanya peringatan dari Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara). Ini menjadi bukti yang sangat ontentik untuk Anda sekalian bahwa wanita memiliki peran dan andil yang begitu besar untuk kemenangan dan keangungan dari kemerdakaan NKRI.

Jadi untuk Anda kaum wanita, ikutlah dan resapilah nilai nilai luhur yang di tanamkan oleh para personal wara yang tentunya ini akan membuat Anda sekalian menjadi pribadi yang kat tangguh baik di medan yang sangat sulit sekali pun seperti melawan penjahat. Dan di samping itu pula ini akan menguatkan mental anda menjadi mental baja yang tidak akan membuat Anda cepat cengeng dan menyerah.
Semangat bagi para pejuang, dan disini saya akhiri dengan mengucapkan lafat alhamdulillahi robilalamin. Dan saya akhiri dengan mengucapkan kata maf bila ada tutur kata yang salah dan kepada tuhan saya mohon ampun. Terima kasih atas partisipasinya
Wasalamualaikum wr wb


Backlink: