Selasa, 18 Desember 2018

Contoh Pidato Dampak Teknologi Terbaik | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamualaikum Wr. Wb. Sebelum saya mulai Pidato tentang Dampak Teknologi ini marilah kita panjatkan puja beserta syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana Ia telah memberikan rahmat serta hidayahnyalah kita dapat berkumpul lagi seperti biasanya di tempat ini. Dan tidak lupa pula solawat berangkaikan salam kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari jaman jahiliah menuju jaman yang ternag benderang seperti sekarang ini. 

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang dampak teknologi di era globalisasi. Sebelum kita memasuki keinti pidato, ada baiknya kita mengetahui apakah itu yang disbut dengan teknologi?
pastinya setiap orang memiliki jawaban tersendiri tentang pengertian teknologi itu. Ada yang berpendapat bahwa teknologi merupakan hasil dari ilmu pengetahuan. dan Ada juga yang memiliki pendapat bahwa teknologi adalah segala sesuatu yang dapat membantu mempermudah pekerjaan yang dilakukan manusia. kalau diambil Dari kedua argument atau pendapat tersebut memang benar adanya. Teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang berfungsi untuk membantu mempermudah pekerjaan yang dilakukan manusia. Dampak yang bersifat positif maupun  yang bersifat negatif pastinya akan selalu ada pada setiap hal baru. tidak berbeda juga dengan teknologi, suatu teknologi tentunya juga mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif.Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa teknologi yang berkembang pada saat sekarang ini mempunyai andil yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Penciptaan – penciptaan teknologi baru ini dimaksudkan untuk membantu atau mempermudah kerja manusia. Selain itu penciptaan ini juga bertujuan agar semakin mempermudah kita berkomunikasi. Misalnya saja dari hasil teknologi seperti hp, tv, komputer, maupun internet, dan pastinya masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja hasil teknologi diatas memberikan manfaat pada kita. misalnya saja pada hp. Dahulu sebelum adanya hp, kita berkomunikasi melalui surat, setelah itu berkembang menjadi menggunakan telephone rumah, dan sekarang kita mengenal yang namanya hp. Hp yang sekarag ini pun juga telah berkembang pesat, yang awalnya hanya bisa mengirim pesan berupa teks, sekarang sudah bisa mengirim pesan yang berbentuk gambar maupun pesan suara. Inilah yang disebut damapak positif dari suatu teknologi.

Namun kalau dilihat dari sisi lain, pemanfaatan teknologi ini sering disalah artikan oleh beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab. Sehingga menghasilkan dampak negatif bagi teknologi itu sendiri. sifat malas merupakan contoh dari penyalah artian teknologi. Hal ini juga bisa kita buktikan dengan semakin mudahnya kita untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Misalnya saja begini, sekarang ini banyak sekali tempat - tempat makan atau restoran yang telah menyediakan jasa pesan antar bagi para konsumennya. Hanya dengan menekan beberapa tombol hp, mereka sudah dapat menikmati makanan yang diinginkan tanpa harus datang langsung ke tempat makan atau restoran tersebut. Hal ini memberikan sifat malas karena kita yang semula harus mengeluarkan tenaga kita untuk datang ke tempat makan, sekarang tanpa susah payah mengeluarkan tenaga kita. Ini lah yang dimaksud dampak negatif dari teknologi. Tetapi kalu kita lihat di sisi yang berbeda dampak negatif tersebut justru merupakan dampak positif dari berkembangnya teknologi, yaitu jika orang tersebut sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk datang ke tempat makan atau restoran, dengan adanya hp tersebut orang bisa memesan makanan tanpa harus menyisihkan waktu untuk pergi ke tempat makan..
 
 Kemudian pertanyaannya baru timbul, yaitu bagaimana cara kita menanggulangi dampak negatif dari teknologi tersebut?.
Banyak yang berpendapat, ampak negatif dari suatu teknologi tersebut dapat kita tanggulangi dengan cara belajar, yang bertujuan agar kita tidak terlalu bergantung pada teknologi tersebut ataupun dengan kata lain kita disarankan untuk jangan menggunakan teknologi secara berlebihan.
Kemudian kembali lagi pertanyaan muncul, apakah di era globalisasi ini kita bisa terlepas dari yang namanya teknologi?
Banyak orang yang yang menjawab tidak. karena di era seperti sekarang ini kita tidak mungkin bisa terlepas dari suatu hal yang disebut teknologi, hal itu disebabkan karena dari teknologi itu sendirilah kita bisa menyelesaikan pekerjaan kita dengan lebih mudah.
lagi - lagi pertanyaan baru muncul, Bagaimana dengan mereka yang suku pedalaman yang tinggal di daerah terpencil, apakah mereka juga sudah menggunakan teknologi?

Mungkin untuk sekarnag mereka belum mengenal teknologi tetapi suatu saat mereka juga bakal mengenal yang namanya teknologi tersebut dan juga menggunakannya. Mungkin setelah mereka mengenal teknologi, mereka akan dapat memadukan antara teknologi itu dengan budaya mereka yang masih tradisional. Jadi kita berharap teknologi tersebut akan dikenal oleh masyarakat pedalaman bukan sebagai perusak budaya mereka tetapi ikut membangun dan melestarikan budaya mereka.
Oleh sebab  itu saudara - saudaraku yang berbahagia, teknologi ini akan bermanfaat bagi kita jika kita tidak menyalah artikan atau menyalah gunakan teknologi tersebut. Marilah dengan sikap kebijaksanaan kita, kita pergunakan teknologi ini untuk mendatangkan manfaat bagi diri kita maupun untuk diri orang lain. Jangan sampai kita malah mendatangkan kerugian bagi diri orang lain.
Semoga pidato singkat dari saya ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam menggunakan teknologi, agar kita dapat menggunakannya untuk sesuatu yang baik bukan sesuatu yang merugikan diri orang lain. baiklah Jika ada salah kata atau dari kata-kata saya tadi ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sedalam - dalamnya. Saya hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan hilaf. Sekian dari saya, wabillahitaufiq wal hidayah. waridho wal inayah. Wassalamualaikum Wr. Wb.



Backlink: