Senin, 17 Desember 2018

Contoh Ceramah Tentang Hari Akhir | Hari Qiyamat Terbaik | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
| Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang saya hormti bapak | ibu saudara yanga hadir pada hari ini.

Pertama – tama marilah kita mangucap puja dan puji serta syukur limpahan Allah SWT. Yang mana berkat rahmat dan juag limpahan hidayahnyalah kita bisa berkkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat walafiat. Tak lupa pula salawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepada roh junjungan alam, yaitu nabi besar kita nabi Muhammad SAW.

Kali ini saya akan membahas tentang Hari Akhir / Hari Qiyamah

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang hari akhir lebih baik kita ktahui dulu apa sebenarnya pengertian hari akhir.
Sekarang ini kita hidup dialam dunia yang bersifat sementara, karena nantinya akan ada alam yang abadi yang disebut alam pembalasan. Alam akhirat ialah kehidupan yang akan abadi setelah kehidupan didunia ini atau disebut juga alam baka, sebagai kelanjutan dari kehidupan di dunia yang fana ini. Di akhirat atau alam akhir itulah Allah SWT akan memberikan balasan pahala pada setiap orang – orang yang berbuat baik, dan balasan siksa pada setiap orang - orang yang berbuat jahat. Besar, kecil, berat dan ringannya pahala dan siksa yang akan diterima oleh seseorang itu sesuai dengan besar kecilnya amal kebaikan dan keburukan yang dilakukan Selma hidup didunia. Di alam inilah keadilan Allah SWT akan berlaku seadil-adilnya.
Setiap muslim wajib mengimani hari akhir, sebab dengan beriman kepada hari akhir setiap orang akan selalu berusaha untuk berbuat amal kebaikan sebanyak-banyaknya dan menjauhi segala perbuatan jahat, karena yakin bahwa segala amal perbuatanya didunia ini akan mendapat balasan dari Allah SWT seadil-adilnya.

Firman Allah SWT :
Artinya : “Orang-orang yang beriman kepada apa yang diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang diwahyukan kepada para Rasul sebelum kamu dan mereka yakin kepada hari akhir”. (Q.S. Al-Baqarah : 4)
Iman kepada hari akhir akan menjadi salah satu tenaga penbangkit dan pendorong seseorang kepada tha’at dan inadah yang diridoi oleh Allah SWT.

Firman Allah :
Artinya : “Bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan barat itu suatu kebaktian, akan tetapi sesungguhnya kebaktian ituadalah beriman kepada Allah dan hari akhir”. (Q.S. Al-Baqarah : 177)
Apakah akan terjdi yang namanya  hari akhir?

Firman Allah :
Artinya : “Sesingguhnya saat (Hari akhir) itu pasti datang, tidak diragukan lagi”.
Firman Allah :
Artinya : “Dan barang siapa yang kafir kepada Allah Swt, para MalaikatNya, Para KitabNya, Para RasulNya, dan hari kiamat, maka sesungguhnya orang - orang itu telah tersesat sejauh-jauhnya”. (Q.S. An-Nisa’ ayat 136)

Berdasrkan ayat-ayat disebutkan di atas jelas bahwa hari akhir atau hari Qiyamat itu pasti terjadi. Apabila seseorang tidak meyakin hal tersebut maka seseoarng itu termasuk kadalam orang – orang yang sesat.
Seorang muslim wajib beriman akan datangnya dan terjadinya hari akhir itu. Karena Allah sendiri yang telah memberitahukannya.

2. Tanda-tanda hari akhir
Tanda akan datangnya hari kiamat itu adalah sebagai berikut :
1. Diremehkannya ilmu agama. Dengan kata lain ilmu agama kurang diperhatikan walaupun oleh kaum muslimin sendiri.
2. Meratanya kebodohan dalam keagamaa, Dengan kata lain kaidah-kaidah dan hukum agama sudah tidak dimengerti dan tidak dipakai lagi.
3. Merajalelanya kemaksiatan. Misalnya seperti Perjudian, Perjinahan, minum – minuman keras dsb.
4. Terjadinya kejahatan dimana – mana di permukaan bumi. Misalmy sepertiPerampokan, Pembunuhan, Penganiayaan, Pemerkosaan, Penyalahgunaan Kekuasaan, serta Korupsi dll
5. Tidak sebandingnya antara jumlah laki – laki dan perempuan “Jumlah perempuan jauh lebih banyak dari pada laki – laki”
6. Banyaknya raja dan orang kaya yang berasal dari seorang pengembala.
7. Banyaknya orang yang mencari nama dengan cara bertelanjang didepan orang banyak.

Semua tanda yang sudah disebutkan diatas terdapat didua buah hadits riwayat Abu Hurairah dalam kitab karangan MOH. ABDAI RATHOMI yang berjudul “HADZA YAUMUDDIN”. Dan Masih banyak tanda-tanda lagi tentang datangnya hari kiamat.

Demikianlah artikel saya yang membahas tentang Contoh Ceramah Tentang Hari Akhir / Hari Qiyamat. Terima kasih semoga artikel tantang contoh cramah tentang hari kiamat ini akan berguna bagi anda. Wassalamu’alaikum Wr Wb.
 
 
Backlink: