Selasa, 04 Desember 2018

Contoh Amanat Pembina Upacara Yang Menarik Berbagai Tema

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
1. Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Sopan Santun
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….
Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…
Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.
pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.
Sopan santun ialah sikap saling menghormati dan bertindak tenang dan kalem. Seseorang yang memiliki sopan santun dapat diketahui karena orang tersebut akan menghargai orang-orang di masyarar sekitarnya.
Orang memiliki sopan santun selalu bertindak sesuai dengan cara yang diterima oleh masyarakat, menunjukkan rasa hormat, peduli dan perhatian kepada orang lain. Contohnya sopan santun di masyarakat misalnya: mengucap salam, menyapa teman atau orang lain yang lebih tua, tidak memotong pembicaraan atau antrian, berbicara dengan suara yang pantas yaitu tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan.

Tertib lalu lintas, mengucapkan terima kasih bila mendapat bantuan atau pertolongan. Mengucap maaf atau permisi bila meminta bantuan.
Lain lubuk lain ikan, lain padang lain belalang, lain daerah lain pula cara bersopan santun. Beberapa daerah  di indonesia memiliki cara sopan santun sendiri misal jika di daerah kita membelakangi orang tua dianggap sopan, tapi di daerah lain malah dianggap tidak sopan.
Seperti cara kita berdialog di beberapa daerah memiliki sopan santun yang berbeda contoh suatu daerah, menatap mata ketika berbicara dianggap sopan, tapi di daerah lain, dianggap tidak sopan.
Jika kita memiliki sopan santun kita bisa menyenangkan hati orang lain. Sehingga orang lain juga akan membalasnya dengan sikap yang sama. Berbicara dengan cara yang sopan, lebih mudah diterima oleh lawan bicara dibandingkan dengan cara yang tidak sopan.
Keberhasilan akan lebih mudah diraih bila berbicara dan bertindak dengan sopan santun. Sebaliknya pertengkaran dan perselisihan akan selalu terjadi bila tidak menjaga sopan santun.
Sopan santun harus dimulai sejak kecil. Karena jika dipelajari pada masa tua maka akan kesulitan. seperti pepatah mengatakan “ibarat ranting pohon yang masih muda, masih bisa diluruskan, Tapi ranting pohon yang tua akan patah bila dibengkokkan”.
Demikianlah amanat  dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya
Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



2. CONTOH TEKS PEMBINA UPACARA MOTIVASI BELAJAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….
Dan anak-anakku dari kls 1 sampai kelas 6 Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…
Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.
Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.
pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

kepada peserta upacara anak-anak kelas 1-6 bapak perhatihan dari depan masih ada beberapa anak yang ngobrol, apapun siakpnya yang belum sempurna.
coba bapak mau tanya apakah kalin cinta tanah air? kalau cinta tunjukkan rasa cinta kalian salah satunya sikap cinta tanah: melaksanakan upacara dengan hikmat, berarti tidak goyang-goyang, tidak ada yang ngobrol, apalagi gak pake tapi masih ada anak yang gk pakai topi, jadi sekali lagi bapak harap minggu depan harus lebih hikmat lagi, lebih bagus lagi.
Kita lihat sejarah ya, pejuang kita untuk menaikan bendera merah putih memerlukkan pengorbanan yang sangat banyak, baik harta maupun nyawa. Dia berjuang  kelurganya ditinggal hanya untuk menaikan bendera merah putih untuk merdeka bagaimana caranya bendera merah putih ini bisa berkibar di angkasa sekarang kalian tinggal hanya  menghormati tinggal mengikuti upacara dengan hikmad. bisa untuk minggu depan?

lalu perjuangan kalian masih banyak, kalau pejuang dahulu berjuang melawan penjajah. api kalau sekarang melawan apa? penjajah sudah gak ada sekarang kita sudah lahir di zaman merdeka bukan berarti kita bebas  tetapi kita masih berjuang.
perjuangan kita adalah melawan kemalasan ya, dari dalam diri kita yang masih malas itu tinggalkan, ke dua melawan kebodohan, ya jadi ada dua. 1 melawan kemalasan, 2 melawan kebodohan.
bagaimana cara melawan kemalasan kalian harus semangat kalau kalian main game masih beberapa jam, sehari 5 jam atau sehari 3 jam. apakah itu sudah memerangi kemalsan? belum, boleh bermain tapi ingat waktu, kalian sebagai pelajar mempunyai kewajiban.
apa kewajibannya sebagai pelajar? belajar, ya bagus. ya jadi ada 2? 1 perangi kemalasan, 2. perangi kebodohan, perangi kemiskinan. ingat kemalasan adalah pangkal kebodohan, siapa yang malas bodoh ya, jadi perangi kemalasan karena kemalasan  adalah pangkal kebodohan, perangi kebodohan karena kebodohan adalah pangkal kemiskinan.

nah, apabila kamu sudah pemalas, bodoh, miskin. didunia mau jadi apa? .. ya miskin harta  miskin ilmu, mumpung kalian masih punya orang tua semangat belajar jangan bodoh, jangan miskin. berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
ingat ya kalian masih berjuang, saya ulangi lagi 1 melawan kemalasan, 2 melawan kebodohan, 3 melawan kemiskinan tolong camkan itu dan laksanakan. yak bapak  tidak banyak banyak hanya pesan itu saja, lalu yang berikutnya untuk minggu depan laksanakan upacara dengan lebih baik lagi.
Demikianlah amanat  dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya
Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


 3.Amanat Pembina Upacara : Sekolah Yang Menarik


 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang singkat tentang sekolah yang menarik.
Upacara bendera dilaksanakan setiap hari Senin di sekolah ini. Sekolah ini menjadi besar karena  gurunya bagus-bagus, siswanya bagus-bagus dan fasilitasnya bagus-bagus. Sehingga alumninya pun bagus-bagus. Dipercaya oleh masyarakat dan menarik minat mereka untuk menyekolahkan putra-putri mereka di sekolah ini.Siswa dan guru sama-sama menjalankan dan menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah. Disiplin dan tata tertib sekolah yang dijalankan dan ditegakkan dengan baik menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk mendaftar di sekolah ini. Disiplin dan tata tertib sekolah membuat sekolah nyaman, aman dan kondusif. Bersih indah dan menarik.
Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Backlink: