Senin, 03 Desember 2018

Contoh Amanat Pembina Upacara: Jangan Menghina Lengkap | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya. 


Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang saya sayangi para siswa-siswi.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang jangan menghina.
Setiap individu adalah unik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan jangan dihina. Karena setiap kekurangan biasanya dapat ditutupi dengan kelebihannya. Berikut ini ada sebuah kisah yang berjudul:
SINGA DAN TIKUS (diterjemahkan dari buku al-Qira’ah al-Rasyidah juz 1)
Pada suatu hari, ada seekor singa yang sedang tidur, tiba-tiba seekor tikus berjalan di kepalanya. Ia terbangun dengan sangat marah, ia mencengkram tikus tersebut untuk dibunuh. Si tikus menangis dan merengek. Hingga hati sang singa menjadi luluh dan membebaskannya.

Pada hari kedua, sang singa masuk perangkap pemburu. Sang singa mengaum dan meraung-raung hingga terdengar oleh si tukus. Ia bergegas menyelamatkan sang singa. Si tikus berkata: Jangan takut saya akan menyelamatkanmu. Ia lalu menggigiti tali perangkap dengan gigi-giginya yang tajam. Hingga tali tersebut putus dan sang singa bebas dengan selamat. Sang singa berterimakasih kepada si tikus dan berkata: ”Saya tidak menyangka hewan kecil dan lemah sepertimu bisa melakukan hal yang saya tidak bisa lakukan”. Si tikus menjawab: “jangan menghina orang lain, karena setiap orang punya kelebihan”.Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Backlink: