Selasa, 04 Desember 2018

Amanat pembina Upacara Yang Menarik

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
  1. Amanat Pembina Upacara tentang Kebersihan Sekolah
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….
Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.
Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.
pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.
Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa dan siswi. Sekolah di ibaratkan rumah kedua bagi kita semua karena di sekolah siswa-siswi belajar dari pagi hingga sore hari. Siswa belajar di sekolah agar menjadi pintar serta dapat meraih cita-cita yang di impi impikan, disini pasti ada yang cita-citanya ingin menjadi polisi, tentara, pengusaha, dokter, bidan, perawat, kyai, ustadz, presiden petani sukses, pedagang sukses dan lain-lain.

Kebersihan di sekolah harus kita jaga supaya sekolah menjadi tempat yang nyaman untuk belajar sehingga para siswa dan tenaga kependidikan menjadi betah disekolah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu kebersihan harus dijaga agar kita termasuk orang orang yang beriman dan  tubuh menjadi sehat.
Sebaliknya jika lingkungan kita kotor maka tubuh menjadi rawan terserang penyakit. Sekolah yang bersih merupakan tempat yang kondusif untuk belajar. Kondusif artinyanya tidak ada gangguan, misalnya dari gangguan lalat, bau-bauan, sampah dan lain-lain. Lingkungan yang bersih menjadikan siswa fokus untuk belajar, semangat belajar di sekolah.

Agar lingkungan sekolah menjadi bersih Salah satu cara untuk menjaga kebersihan sekolah maka piket kelas harus bekerja dengan benar dan bagi siswa yang tidak piket kelas maka buanglah sampah pada tempatnya. Agar kelas tidak kumuh  caranya jangan mencorat coret  tembok meja dan kursi supaya kelas menjadi bersih. Kemudian yang buang air kecil,  maupun air besar di toilet maka harus disiram dengan bersih, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.
Demikianlah amanat  dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya
Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


2. Amanat Pembina Upacara tentang Kebersihan dan Kedisiplinan
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….
Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…
Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan  kesempatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara pada pagi hari ini.
Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.
alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menyampaikan beberapa hal amanat, yang pertama tentang kedisiplinan dan yang kedua tentang kebersihan, sebagai bahan evaluasi supaya kita mengetahui kekurangan-kekurangannya sehingga pelaksanaan upacara yang akan datang menjadi lebih baik lagi.

Baik Anak-anakku yang dimuliakan oleh Allah akhir-akhir ini ustadz perhatikan kepedulian para siswa terhadap kebersihan dan semangat kedisiplinan cenderung ada penurunan .
misalnya pada saat upacara siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan upacara belum semuanya dapat hadir tepat waktu. Contoh yang ke 2Pada saat bel sekolah sudah berbunyi jam 07:00  merupakan tanda waktu masuk sekolah namun masih banyak siswa dan siswi yang terlambat juga.
Alhamdulillah Pada kesempatan kali ini bapak tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada anak-anakku sekalian, bahwa hadir tepat waktu merupakan bagian melatih kedisiplinan yang paling mudah. Sikap disiplin sangatlah penting yang harus kalian miliki sehingga sikap disiplin harus dibiasakan sejak dini.

Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya dengan disiplin adalah kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan. Sering bapak lihat dikelas banyak sampah yang berserakkan di lantai atau di dalam laci. Tentu saja hal tersebut tidak enak untuk dilihat.
Untuk menjaga kebersihan hal dapat kalian lakukan dengan hal yang paling mudah yaitu dengan cara membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. buang sampah pada tempatnya adalah hal yang sepele namun masih juga banyak bapak temua para siswa terasa berat untuk melakukannya.
Perlu diingat siswa-siswa ku sekalian, kerbersihan adalah tanggung jawab kita semua. Karena dengan lingkungan yang bersih akan enak dipandang, dan sikap disiplin harus kita biasakan karena dengan kedisiplinan maka semua kegiatan dalam pembelajaran akan berjalan dengan baik. Untuk itu pada kesempatan ini kami mengajak kepada semua peserta upacara, mari kita jaga kebersihan sekolah yang kita cintai dan tingkatkan kedisiplinan kita sebagai ciri khas warga sekolah yang baik.
Demikianlah amanat  dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya
Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Backlink: