Minggu, 09 Desember 2018

4 Pidato Untuk Acara Perpisahan Guru Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang kami hormati Bapak kepala Sekolah.
Yang kami hormati bapak ibu Guru
Dan yang kami banggakan seluruh siswa siswi...
Puji san syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmatNya yang dilimpahkan kepada kita semua, ppada pagi hari ini kita dapat berkumpul dan bertatap muka dalam acara perpisahan bapak/ibu ....
Tak lupa juga shalawat dan juga salam tentunya senantiasa kita haturkan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW yang selalu saja kita nantikan syafaatnya di yaumul kiyamah.
Seluruh warga sekolah ...

Tentunya kita tahu betul bahwa pada pagi hari ini merupakan salah satu hari yang berat yang mau tidak mau harus kita lalui. Hari ini merupakan hari terakhirnya kita semua untuk bertatap muka dengan Bapak .... yang selama ini dengan sepenuh hati telah mendampingi siswa-siswi .... hal ini dikarenakan Beliau akan pindah tugas ke sekolah lain tepatnya di .... Namun meskipun hal ini kita rasakan begitu erat, namun tentunya ini tetap saja harus kita lalui bersama dengan ikhlas. Dan mau tidak mau harus merelakan Bapak ....untuk mutasi atau pindah ke sekolah lain.
Tentuny banyak sekali kenangan-kenangan manis yang telah beliau torehkan selama mengajar disekolah kita ini. bahkan beberapa kali bapak/ibu ... berhasil menghantarkan sekolah dan siswa siswi kita mencapia sebuah prestasi. Berkat baluai pula, khususnya siswa siswi telah mendapatkan ilmu bermanfaat yang tak terbnilai jumlahnya. Oleh sebab itu, disini saya mewakili seluruh sekolah mengucapkan banyak terima kasih.

Bapak-ibu guru beserta seluruh peserta didik yang saya banggakan.
Kami disini juga mendoakan kepada Bapak/Ibu.... dapat diterima dengan baik di tempat kerjanya yang baru. Dan tantunya juga mampu memberikan ilmu, semangat dan tuntunan kepada peserta didik di tempat baru seperti apa yang telah beliau berikan kepada kita disini. Dan juga, kami memohon kepada bapak/ibu...meskipun nantinya kita tidak lagi bertemu, namun setidaknya jangan pernah melupakan kami disini. Dan memang jika kita nantinya tidak dapat bersua secara langsung, namun dengan kecanggihan teknologi yang ada sekarang, tali silaturahmi antara kita semua masih dapat terjalin dengan mudah. sehingga tentunya hal ini tidak dapat kita jadikan sebagai moment untuk memutus tali silaturahmi.

Dan kami sadar betul bahwa kami semua seringkali melakukan banyak kesalahan. Untuk itu kami semua memohon maaf yang sebesar-besarnya. Karena kita semua tahu bahwa kita hanyalah manusia biasa yang atak akan pernah luput dari yang namanya salah dan juga dosa.
Hadirin yang berbahagia.
Kiranya hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika dalam pengucapan ini banyak terjadi kesalahan-kesalahan. Dan sekali lagi kami ucapkan selamat jalan kepada Bapak/Ibu .... semoga kita semua yang ada disini senantiasa diberi kelancaran dan umur yang barokah.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Backlink: