Senin, 17 Desember 2018

4 Contoh Pidato tentang Generasi Muda Islam Terbaik | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu’alaikum Wr Wb
Bapak / ibu yang saya hormati
Dan saudara - saudaraku yang saya muliakan.

Sebelum penympaian pidato akan saya lakukan, saya sangat mengharapkan sekali kepada kita semua yang ada dan yang hadir disaat ini untuk tidak pernah lupa bersyukur kepada Allah SWT, karena hingga saat ini Dia masih memberikan rahmatnya yang berlimpah – limpah kepada kita yaitu berupa nikmat kesehatan rohani maupun jasmani, nikmat iman, dan juga nikmat kesempatan sehingga sampai saat ini kita masih dapat berjumpa dan berkumpul dalam pertemuan di hari yang penuh dengan kedamaian ini.

Shalawat beserta salam pastinya kita tidak lupa dan tiak pula bosan - bosan kita berikan kepada roh junjungan alamyaitu nabi kita Muhammad SAW.

Dan saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk memberikan pidato singkat MC. pembahasan pidato saya yaitu masalah

KARAKTER DAN SIFAT GENERASI MUDA MUSLIM UNTUK MENGEMBANGKAN NEGARA INDONESIA MENJADI LEBIH BAIK

Apabila saat ini kita ingin membicarakan masalah kaum muda, maka untuk mendapati berita di beberapa artikel (tulisan) dan kita sendiri juga bahkan sering menyaksikan bagaimana peran partisipasi pemuda yang sangat besar dalam membangun, menyambung serta mendukung semua perkembangan Negara. Mereka "Pemuda" adalah harapan bangsa yang nantinya akan memperjuangkan masa depan Negara ini menjadi lebih baik. Selain itu, di waktu yang bisa dibilang sama mereka merupakan harapan agama Islam, yang akan terus berjuang demi ajaran Islam di hari - hari esok, yang akan terus mempertahankan perundang - undangan Islam, yang berguna untuk membentengi para generasi muda Islam secara luas dari pengaruh berbagai gaya hidup orang barat yang sangat memiliki berdampak buruk, Para generasi yang nantinya bakal berubah menjadi pemimpin di masa depan, seperti kata pepatah : sekarang pemuda, namun esok merupakan pemimpin.
Pernyataan diatas mendorong kita semua untuk memperhatikan eksistensi para pemuda di masa mendatang. Pemuda merupakan hal yang melambangkan sebuah semangat yang baik dan tidak pernah redup………… pemuda juga dianggap sebagai hal yang melambangkan suatu keberanian yang tidak akan pernah luntur ………. Selain itu Pemuda juga dianggap sebagai hal yang melambangkan suatau kekuatan yang tidak mudah untuk hancur. kalimat itulah yang melatarbelakangi presiden pertama kita Soekarno, berkata: BERIKAN KEPADAKU SEPULUH PEMUDA, AKAN KU GONCANGKAN DUNIA. 

Dari pernyataan yang disampaikan oleh bpk Ir Soekarno ini sedikitnya kita dapat menyimpulkan bahwa Ir Soekarno lebih menghargai para pemuda ketimbang para orang tua. Mengapa? Karena mereka “enerasi muda” memainkan suatu peranan yang jitu dan juga mempunyai energi besar untuk dapat dibanggakan.

Oleh sebab itulah, agama kita “Islam” menganjurkan untuk jadi seorang pemimpin Islam yang bijaksana.  Namun masalah yang kita hadapi sekarang, di era teknologi yang sudah sanat canggih seperti sekarang ini kita banyak menyaksikan perbuatan para kaum muda yang selalu bertentangan pada hukum - hukum yang ada pada agama yaitu Islam. sudah banyak sekali para kaum muda yang tidak lagi menyadari akan pentingnya pendidikan dan apabila kita masih terus menelusuri lagi, pasti kita akan merasa lebih sedih lagi karena banyak saudara-saudara kita para kaum muslimin di Negri ini berprilaku buruk dan mereka juga dengan sengaja menhindari ajaran - ajaran Islam dan lebih mengikuti kebiasaan oarng - orang Barat. Pastinya tida terbanyangkan apalagi jika menggambarkan sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang jika semua kaum muda tidak memperhatikan tanggung jawab ini. 

Dan untuk penutup pidato saya pada hari ini, saya ingin menyerukan kepada saudara sekalian bersama - sama mempersiapkan generasi muda kita supaya mampu menggantikan posisi generasi tua di masa yang akan datang "depan". Dan saya juga mengharapkan kepada saudara - saudara seluruh kaum muslimin di mana pun anda berada agar terus menjaukan diri dari perbuatan yang jelek dan seterusnya kita harus terus mengembangkan skill dan potensi diri kita untuk menggapai suatu masa depan yang lebih  cerah.

Saya kira kini sudah waktunya bagi diri saya untuk mengakhiri pidato pada saat ini sambil mohon maaf jika ada penyampaian yang kurang baik. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
 
 
Backlink: