Jumat, 14 Desember 2018

4 Contoh Pidato Perpisahan SMP Terbaik | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang terhormat, bapak kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman
Yang kami hormati, bapak kepala sekolah SMP N 8 Depok
Yang kami hormati, bapak/ibu guru dan staf tata usaha SMP N 8 Depok
Yang kami hormati, bapak/ibu komite sekolah dan tamu undangan
Serta teman-teman, siswa-siswi SMP N 8 Depok yang berbahagia
Sudah sepantasnya kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, karena pada kesempatan ini kita masih diberi kesempatan untuk bercengkerama dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan yang indah ini, kita telah di beri kemudahan untuk berkumpul dalam acara perpisahan siswa kelas IX SMP N 8 Depok tahun pelajaran 2019/2020.

Dalam kesempatan yang berbahagia selakigus haru ini, saya selaku perwakilan siswa kelas VII dan VIII, sekaligus ketua penyelenggara kegiatan perpisahan ini, memberanikan diri berdiri di hadapan hadirin sekalian untuk menyampaikan sebongkah rasa bangga terhadap kakak-kakak kami kelas IX yang telah menyelesaikan pendidikan dengan sebaik-baiknya sekaligus menyampaikan kata selamat melaksanakan tugas yang lebih berat di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Kakak-kakak kami yang kami banggakan, tidak ada kata lain selain kebanggaan kami pada kalian atas semua prestasi yang telah tertoreh, bimbingan dan panutan yang telah diberikan, dan rasa kekeluargaan yang telah tercipta. Selama kami bersama kalian di sekolah tercinta ini, begitu banyak kenangan yang telah kami lalui bersama kalian, baik itu senang ataupun sedih. Selama ini, kita telah bersama-sama mengukir prestasi, belajar, serta berjuang demi nama baik sekolah kita tercinta ini. Begitu banyak prestasi yang telah kakak-kakak berikan. Bahkan sampai saat terakhir di sekolah ini, kakak-kakak telah memberikan hasil yang terbaik dengan usaha dan kerja keras kalian. Harapan kami, semoga kakak-kakak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, berjuangan mengukir prestasi dan menggapai cita-cita sebaik mungkin.

Kakak-kakak kami yang kami cintai, selama kita bersama di sini, sudah tentu kami sering melakukan kesalahan dan melukai hati kakak-kakak sekalian. Untuk itu, saya selaku pewakilan dari adik-adik kelas kalian, meminta maaf yang sedalam-dalamnya. Maafkan kami atas tingkah bandel kami yang kadang menyakitkan hati. Kakak-kakakku, doakan adik-adikmu ini, agar bisa meneruskan perjuangan kalian di sini.
Kami akan berusaha mengukir prestasi yang terbaik untuk almamater kita tercinta ini. Doakan kami untuk bisa selalu berbakti dan menghormati bapak/ibu guru seperti yang telah kalian ajarkan pada kami. Tidak ada kata yang bisa kami ucapkan selain selamat jalan. Semoga kalian bisa menjadi putra-putri kebanggaan bangsa dalam menorehkan prestasi, baik itu dalam bidang akademik ataupun non akademik.
Untuk bapak/ibu guru dan staff tata usaha SMP N 8 Depok, kami ucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan kepada kami, sehingga kami, selaku panitia penyelenggara acara perpisahan ini bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Terimakasih atas semua fasilitas dan kemudahan yang diberikan kepada kami. Semoga kami bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Para hadirin yang kami hormati, kami selaku panitia penyelenggara, memohon maaf yang sebesar-besarnya, atas terselenggaranya acara ini yang pasti masih jauh dari kata sempurna. Mohon maaf atas segala kekurangan dari kami dalam menjamu tamu undangan sekalian. Semoga hal ini bisa kami jadikan pelajaran untuk memperbaiki kekurangan kami. Terimakasih atas waktu yang diberikan. Mohon maaf jika banyak kata-kata yang kurang berkenan.
Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Backlink: