Senin, 03 Desember 2018

4 Contoh Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya. 

Contoh Pidato



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bapak-bapak,ibu-ibu, serta para hadirin sekalian yang berbahagia,
Alhamdulillah wasyukurilah kita persembahkan kepada Allah SWT. karena dengan izin-Nya dan limpahan rahmat-Nya yang dianugrahkan kepada kita semua, sehingga pada hari yang penuh dengan suasana bahagia ini kita dapat bermusyawarah, bertatap muka dengan saudara-saudara kita disini tempat, dalam rangka memperingati hari nasional, hari yang bersejarah bagi segenap bangsa Indonesia, yaitu Hari Kebangkitan Nasional.
Seperti telah kita ketahui bersama bahwa BUDI UTOMO adalah merupakan sarana untuk membangkitkan semangat juang, semangat patriotisme terhadap tanah airnya yang sudah beratus-ratus tahun lamanya hidup dalam cengkaraman penjajah. Sebab cinta tanah air itu adalah merupakan sebagian daripada iman.

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Adapun yang melatar belakangi didirikannya BUDI UTOMO oleh bapak Dr. Wahidin Sudiro Husodo adalah sebagai berikut:
  • Terbengkalainya pendidikan dan pengajaran Rakyat Indonesia.
  • Kekejaman pemerintah kolonial terhadap Rakyat Indonesia yang sudah melampaui batas kemanusiaan
  • Kian hari sikap dan tingkah laku bangsa belanda sudah mulai angkuh.
  • Cina telah mendirikan perguruan bagi masyarakat mereka sendiri, yang bernama (Cung Hwa Hwee dan Cung Hwa Cung Hwe).
Hadirin sekalian yang berbahagia,
Sekarang bagaimana tindak lanjut kita sebagai bangsa Indonesia di dalam menerima warisan kebangkitan Nasional itu? yang setiap tanggal 20 Mei telah diperingati hari bersejarahnya. Adapun sebagai tindak lanjut dari kebangkitan Nasional yang merupakan warisan dari leluhur yang mendahului kita itu, adalah dengan cara mengisi pembangunan manusia seutuhnya untuk menuju pembangunan jangka panjang, meningkatkan sumber daya manusia, serta memperbanyak pemgabdian kepada negara dan bangsa, disamping kita meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. selaku penguasa dan penyetir jagat raya ini.
Demikian sambutan/pidato kami dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 mei tahun .......... Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua bangsa Indonesia. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya.
Akhirul kalam wabillaahit taufiq walhidayat wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.


Backlink: