Sabtu, 08 Desember 2018

4 Contoh Pidato Pendidikan Singkat Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Para hadirin yang saya hormati dan cintai
Dengan mengucap tahmid dan tasyakkur marilah kita bersama sama memajatkan kehadirian Allah SWT. Karena dengan karunia-Nya lah kita dapat bersama sama berkumpul disini di tempat ini dalam keadaan yang sehat dan walafiat.
Untuk itulah dengan adanya rahmat ini, maka disini pun saya akan menyampaikan menganai pentingnya pendidikan dewasa ini. bayangkan jika kita bisa lihat realita yang ada mengenai kondisi pendidikan yang ada di Indonesia saat ini dari awal kemerdekaan hingga dengan dewasa ini. maka untuk itulah agar menggali pengetahuan mengenai proses pendidikan yang ada di Indonesia ini. para hadirin sekalian akan di ajak untuk lebih mengenal unsur unsur apa saja yang penting dalam sebuah pendidikan.
Para hadirin sekalian, jika menelaah kata pendidikan berarti ini akan menyangkut mengenai peserta didik, dimana diri mereka lah yang kelak akan di ajar kan cara belajar yang baik dan benar dan juga di arahkan ke dalam pribadi yang baik.
Oleh karenanya para hadirin sekalian, sangatlah penting sekali untuk memusatkan perhatian kepada mereka, jangan sampai hanya terfokus mengenai pencapaiannya mereka namum lebih penting memberikan pendidikan mental yang baik sejak dini.

Kenapa ini begitu penting untuk di bahas, apakah alasannya hanya satu yakni adanya resolusi Pak Presiden Jokowi Dodo dengan programnya yakni untuk revolusi mental. Ataukah ini hanya sekedar kamuplase untuk menelongok fakta yang sangat mencenangkan yang akhir akhir ini sering muncul di layat kaca atas berbagai kejadian dan kondisi yang tidak menguntungkan para peserta didik.
Untuk itulah para hadirin sekalian, ini berkaitan dengan apa yang dialami oleh banyak dari bagaian para peserta didik yang ada di Indonesia, yang meliputi dari sabang hingga marauke. Dimana banyak dari mereka menjadi korban korban kekerasaan, baik dari teman sebaya mereka pengajar hingga dengan orang orang yang berada di lingkungan sekitar rumah.
Dengan hal yang demikian, maka anda sekalian tentunya akan sangat sadar sekali bukan para hadirin, bahwa keberadaan para peserta didik saat ini sedang terancam baik secara fisik maupun mental dari orang orang yang terdekat dari mereka dan bahkan yang mereka tidak kenal sekalipun. Lihat para hadirin inilah apa yang terjadi pada salah satu sekolah kenamaan, yang ada di Indonesia yakni adalah JIS yang baru baru ini menjadi sorotan yang tajam dari berbagai media yang ada baik, eletronik, surat kabar dan lain lainnya. kasus yang terjadi disana bisa di jadikan cerminan yang sangat nyata bahwa baik nya, berkelas nya tempat pendidikan ternyata tidak akan menjamin pada diri seorang peserta didik itu akan aman dari segala macam mara bahaya.

Untuk itulah para hadirin sekalian, penting sekali memupuk kesadaran mengenai segala informasi yang mereka butuhkan jangan sampai menjadi seorang tua yang over protektif dengan tanpa mau mengerti apa yang sebenarnya terjadi pada mental si anak.
Maka baik para pengajar yang berada di bangku sekolah maupun para orang tua, yang mengawal dan mengawasi hampir 24 jam sebaiknya anda sekalian harus benar banar mengerti mengenai anak Anak anda dengan baik yakni para peserta didik.
Maka untuk itulah sekian mengenai penjelasan atas pentingnya pendidikan dalam sudut pandang peserta didik, untuk itulah kini saatnya anda agar dapat ikut berperan serta demi kemajuan dari pendidikan bangsa.


Backlink: