Selasa, 11 Desember 2018

4 Contoh Pidato Dalam Acara Akad Nikah | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bapak Naib yang kami hormati, serta para hadirin undangan sekalian yang berbahagia!
Pada saat dan detik ini pantaslah kita semua bertahmid dan bertasyakkur kehadirat Allah, karena dia pula sumber segala kenikmatan dan segala kebahagiaan.
Selanjutnya kesejahteraan dan keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad saw. Kepada keluarganya, para sahabatnya, dan semua orang yang mengikuti ajaran-ajaranya.karena dengan kehadiran Nabi Muhammad saw. Di tengah-tengah kita, kita dapat mengetahui hukum islam, hukum-hukumnya Allah yang merupakan aturan hidup di dunia ini untuk menuju hidup di akherat kelak.

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Perkenankanlah kami disini mewakili keluarga yang mempunyai hajat yaitu bapak Masyud. Bapak Masyud hari ini mempunyai hajat untuk mengakad nikahkan anaknya yang bernama Masfullah mendapat jodoh seorang putra yang bernama Maslikan. Untuk itu bapak Masyud sekeluarga menghadirkan para bapak-bapak sekalian atai bapak Naib untuk menyaksikan akad nikah anaknya tersebut, dengan tujuan pokok untuk memberikan do’a restu kepada mereka berdua yang menjalin hubungan cinta kasih dibawah naungan Nikah.

Sekali lagi kami atas nama keluarga bapak Masyud mengucapkan ribuan terima kasih atas kehadiran para bapak dan undangan sekalian yang pada pagi/siang hari meluangkan waktu untuk menghadiri undangan kami.mudah-mudahan atas keiklasan dan amal usaha bapak itu dibalas oleh Allah SWT. Dengan balasan yang setimpal. Dan bapak Masyud sekeluarga tidak lupa mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam menyambut kedatangan para bapak kurang berkenan atau jamuan dan hidangan kurang memuaskan.
Dan akhirnya marilah kita ikuti detik-detik akad nikah antara saudari Masfulah dengan Maslikanyang akan di akad nikahkan oleh bapak Naib.
Akhirul kalam, WABILLAAHIT TAUFIQ WALHIDAYAT WASALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKAATUHU.


Backlink: