Sabtu, 08 Desember 2018

4 Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Kebersihan Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pisanan kabeh, supaya kita ndedonga syukur ing ngarsane Gusti Allah moho kuwoso, kanggo pangestune lan hadiah kita kabeh bisa njaluk bebarengan iki esuk panas ing becik kesehatan. Ing wusana aku bakal menehi sesorah ing " Tetep lingkungan sekolah ."
Kita kudu ngerti yen lingkungan iku panggonan kanggo kabeh jalmo urip hidup. Oleh Mulane kita kudu njaga lingkungan kita supaya kita bisa manggon mulyo. Salah siji cara kanggo ngreksa lingkungan iku tetep dadi resik. Tetep lingkungan bisa diwiwiti saka cilik iku, nanging kadhangkala iku angel banget kanggo kita apa. Conto sing mbuwang sampah ing panggonan. Sakniki ing kesadaran kanggo njaga cleanliness antara kita minangka mahasiswa banget kurang . Kang menehi kritik saka kita lingkungan sekolah ana sing isih strewn uwuh, plastik sampah salah siji pangan - ombenan, utawa kertas. Sanadyan tong sampah sing kasedhiya cukup sekolah. Around saben sudhut ana sekolah Trash, kelas ing ana uwuh . Nanging, lack kesadaran kita mbuwang sampah ing Panggonan minangka wangun saka ngramut ing cleanliness kita lingkungan sekolah.
Saliyane mbuwang sampah ing Panggonan , kita uga bisa mbukak minangka picket kelas aksi tetep lingkungan ing sekolah . Njaluk digunakake kanggo Ngurutake sampah miturut klompok sadurunge kang sijine menyang Trash.

Jinis sampah bisa dipérang dadi telu:
1. Udan uwuh punika biodegradable uwuh lan rot,
tuladha ; leftover pangan, sayuran lan woh-wohan , Taman sampah lan pawon sampah.
2. Garing uwuh punika uwuh sing ora bisa rot lan decompose alami ,
contone: kertas , karton, plastik , tekstil , karet, kaca, komplong, etc
3 Uwuh B3 ( bahaya & Beracun-free Bahan ) sing reaktif lan beracun sampah sing akeh nuwuhake bebaya kasarasan lan gesang organisme kayata: batre , Paint , obat omo , rumah sakit Trash, etc.
Nanging biasa uwuh diwenehake mung 2 jinis, yaiku udan sampah lan garing sampah . Ing pungkasan misahake saka udan sampah lan garing sampah lagi boroske nalika dibuwak sijine maneh bebarengan. Mulane kudu kerjasama antarane pemerintah lan sekolah kanggo mbucal teles lan garing sampah supaya ngurangi polusi lingkungan.

Saliyane kang dianjurake kanggo tetanduran potong , pharmasi manggon , kembang , supaya kita sekolah katon ayu , decorated rapi karo greenery lingkungan . Nanging ing Saliyane ngarsane saka greenery ing sekolah supaya program nganggo lancar , kita ngirim melu ing tingkat pengawetan lan pangopènan lan kesehatan.
Lan sekolah kesehatan penting ing sekolah WC . Asring kita temokake ing sekolah paling saka mahasiswa sing ora disiplin ing nggunakake sekolah jedhing . Nelpon reged sekolah jedhing nyebabake mahasiswa sing Panjenengan ora njaga lavatory sekolah, WC Akibate efek mambu ing lingkungan sekolah.

Sadurunge aku nutup iku, kesimpulan carane nggawe lingkungan sekolah resik lan sehat bisa rampung karo picket kelas , mbuwang sampah ing Panggonan , nyediakake a sampah garing lan teles sampah, kesehatan kayata disegerne maneh jedhing resik sawise nggunakake jamban, ora carelessly discard bantalan lan ikutsertaan siswa ing Greening . " cleanliness separo saka iman " karo iki, Mugi Pendhaftaran kanca temen maujud pentinge care lan Hygiene.
Kuwi ing wicara aku bisa ngomong iku, sori yen ana kasalahan ing tembung ngandika. Aku pitutur matur nuwun kanggo manungsa waé. WALLAAHUL MUWAFFIQ, ILAA AQWAMITH THARIIQ, WASSALAAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH.


Backlink: