Rabu, 14 November 2018

Pidato Singkat Menarik Tentang Keistimewaan dan kecintaan Pada bulan mulia Ramadhan

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
 Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Swt yang tiada henti memberikan rahmat dan ridhaNya kepada hambaNya yang senantiasa beristiqamah dan bertaqwa dalam agamaNya, Islam.
Satu diantara nikmatnya yang terindah adalah bulan mulia Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan yang termulia sepanjang tahun, dan bulan yang sangat diistimewakan oleh Allah Swt.
Apa saja keistimewaan bulan mulia Ramadhan yang tak lama lagi akan datang kepada kita? Diantara keistimewaan bulan mulia Ramadhan adalah:
1. Bulan mulia Ramadhan dipilih oleh Allah Swt untuk menjadi waktu diturunkannya kitab yang termulia, Al-Qur’an.
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنْ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
“Bulan Ramadhan (adalah bulan) yang diturunkan padanya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi semua manusia, dan (berisi) penjelasan dari petunjuk (itu) dan sebagai pembeda (antara yang al-haq dan al-bathil)”
QS. Al-Baqarah: 185
Kitab suci termulia diturunkan pada waktu termulia, pada malam termulia dari bulan termulia, melalui Malaikat termulia, diturunkan kepada nabi termulia, manusia ter-mulia, untuk menjadi pedoman hidup bagi umat termulia.
Allahu Akbar.
Inilah kemuliaan-kemuliaan yang sepatutnya kita rasakan, kita tanamkan dalam sanubari kita, agar kita memiliki kepribadian yang mulia dengan Islam, dan perjuangan untuk memuliakan umat Islam dengan agama termulia, Islam.
2. Bulan mulia Ramadhan dipilih oleh Allah Swt untuk menjadi waktu pelaksanaan ibadah puasa yang diwajibkan kepada segenap umat Islam yang beriman.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمْ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Wahai sekalian orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” QS. Al-Baqarah: 183
Ibadah Puasa yang diwajibkan selama sebulan penuh, adalah ibadah mulia yang memuliakan, ibadah yang membahagiakan dan menyehat-kan, ibadah yang menghapus dosa dan mensucikan jiwa, ibadah yang mendidik kita untuk disiplin dan mengendalikan diri, dan ibadah yang mendidik kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dengan memiliki simpati dan empati pada kaum dhuafa’.
3.Bulan mulia Ramadhan dipilih oleh Allah Swt untuk menjadi waktu diturunkannya malam termulia sepanjang tahun, malam yang bernilai seribu bulan, yaitu Lailatul Qadr.
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ٭ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ٭ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ٭ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ٭ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun Malaikat-Malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar” QS. Al-Qadr: 1-5
Rasulullah Saw bersabda:
مَنْ قَامَ لَيْلَة القَدْر إِيْمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Siapa yang Qiyamullail pada Lailatul Qadr dengan dorongan iman dan dengan niat yang ikhlas,niscaya diampuni seluruh dosanya yang telah lalu” HR. Bukhari dan HR. Muslim
4. Bulan mulia Ramadhan dipilih oleh Allah Swt untuk mengeluarkan zakat fitrah yang tidak diperintahkan pada bulan lainnya. Rasulullah Saw bersabda:
عن ابن عمر قال : فرض رسول زكاة الفطر من رمضان على الناس صاعا من تمر او صاعا من شعير على كلّ مر او عبد ذكر او انثى من المسلم
“Dari ibnu umar bahwa Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitrah di bulan suci Ramadhan kepada setiap orang satu sha’ (3 kg) kurma atu satu sha’ gandum atas setiap orang merdeka/budak laki-laki ataupun perempuan muslim”
Allah Swt berfirman:
خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا
“Ambillah zakat itu dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan (dari kekikiran dan kecintaan oada harta benda) dan mensucikan (menyuburkan sifat kebaikan dalam hati) mereka” QS. At-Taubah: 103
5. Bulan mulia Ramadhan dipilih oleh Allah Swt untuk membuka pintu Syurga, menutup pintu Neraka, dan membelenggu Syaitan.
Rasulullah Saw bersabda:
إِذاَ دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الجَنَّةِ وَغُلِقَتْ أبْوَابُ جَـهَنَّمِ وَسلسلتْ الشَّيَاطِيْن
Ketika masuk bulan Ramadhan, dibuka semua pintu Syurga, ditutup semua pintu Jahannam dan dibelenggulah Syaitan-Syaitan” HR. Bukhari dan HR. Muslim
6. Bulan mulia Ramadhan dipilih oleh Allah Swt untuk menurun-kan rahmatNya yang sangat banyak dan membebaskan sejumlah besar hambaNya dari adzab Neraka. Rasulullah Saw bersabda:
وينادي مناد : يَابَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبلْ وَباَغِي الشَّرِّ أَقْصِرْ. ولله عتقاء من النا وذلك كل ليلة
“(Pada malam pertama bulan Ramadhan) berteriaklah penyeru: “Wahai pencari kebaikan, menghadaplah! Wahai pencari kejelekan, berhentilah!” Allah membebaskan banyak hambaNya dari Neraka dan itu terjadi setiap malam (dalam bulan Ramadhan)” HR. Tirmidzi, HR. Ibnu Majah, dan HR. Ibnu Khuzaimah. Dinilai hasan oleh Al-Albani.
Dengan meyakini kemuliaan bulan mulia Ramadhan, akan mendasari kecintaan pada bulan istimewa ini. Sebuah cinta tulus dan suci yang kita harapkan menjadi motivator dalam mengoptimalisasikan ibadah, tila-wah, sedekah, ukhuwah, tazkiyah, dan segenap amal shaleh pada bulan mulia tersebut.
Kecintaan pada bulan mulia Ramadhan adalah perwujudan iman pada Allah Swt, karena salah satu karakteristik muslim yang beriman adalah:
وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ
“Orang yang beriman sangat cinta kepada Allah” QS. Al-Baqarah: 165
Cinta kepada Allah swt mengajarkan kita untuk cinta kepada Rasulullah Saw. Rasulullah Saw bersabda:
ثلاث من كن فيه وجد بهن حلاوة الإيمان: أن يكون الله ورسوله أحب إليه مما سواهما وأن يحب المرء لا يحبه إلا لله، وأن يكره أن يعود إلى الكفر كما يكره أن يقذف في النار
“Ada tiga hal, siapa yang memilikinya niscaya dia akan merasakan manisnya iman, (1) bahwa Allah dan RasulNya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) bahwa ia cinta kepada seseorang hanya karena Allah semata, (3) bahwa ia tidak mau kembali pada kekafiran sebagaimana ia tidak mau dilemparkan ke dalam Neraka” HR. Bukhari
Kecintaan pada Allah, kecintaan pada Rasulullah Saw, dan kecintaan pada sesama muslim karena Allah, serta benci pada kekafiran, adalah dasar hukum yang sangat kuat untuk menegaskan kecintaan pada bulan mulia Ramadhan, serta semakin cinta pula pada shalat, cinta masjid, cinta Qiyamullail, cinta zakat, cinta tilawah Qur’an, cinta dzikir dan do’a, cinta nasehat, cinta ceramah, cinta pengajian dan majelis ta’lim, serta cinta pada seluruh amal shaleh dan amal jariyah yang diperintahkan oleh Allah Swt dan Rasulnya Saw.
Mari kita sambut datangnya bulan mulia Ramadhan dengan menyiapkan seluruh pikiran, energi, jiwa, keikhlasan, dan mentalitas kita untuk menikmati kemuliaan yang Allah berikan kepada hambaNya yang senantiasa bertaubat dan berpegang teguh pada agamanya.


 Penelusuran yang terkait dengan Amanat Pembina Upacara

  • amanat pembina upacara yang menarik
  • amanat pembina upacara yang menyentuh
  • amanat pembina upacara yang singkat
  • amanat pembina upacara tentang akhlak
  • amanat pembina upacara tentang kebersihan
  • amanat pembina upacara tentang tanggung jawab
  • amanat pembina upacara tentang sopan santun
  • amanat pembina upacara tentang kejujuran
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang disiplin
  • contoh pidato agama
  • contoh pidato narkoba
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato persuasif
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato pendidikan moral
  • pidato agama islam tentang akhlak
  • pidato agama islam singkat tentang sedekah
  • pidato singkat agama islam tentang sabar
  • teks pidato agama islam tentang kejujuran
  • pidato agama tentang menuntut ilmu
  • pidato agama islam singkat tentang ibu
  • pidato singkat islami untuk anak anak
  • pidato bahasa indonesia singkat tentang agama islam