Jumat, 09 November 2018

Pidato Pentingnya Memahami Potensi Diri

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato



Contoh Pidato Pentingnya Memahami Potensi Diri:

Hadirin yang berbahagia... Memahami setiap potensi dalam diri kita itu sangat penting. Dengan memahaminya kita dapat melatih dan memaksimalkan kemampuan yang sudah ada. Banyak orang yang berhasil karena telah memahami apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, setelah itu mengembangkan kelebihannya itu sebagai jalan menuju kesuksesan.

Untuk mengetahui kemampuan kita itu bukan masalah mudah. Perlu adanya serangkaian uji coba bila itu dilakukan oleh orang lain. Namun, perlu diketahui bahwa memahami diri sendiri itu lebih mudah. Kita hanya perlu bertanya pada hati, apa sebenarnya kegiatan yang paling disukai.

Untuk menemukan jawaban paling tepat, saudara mesti mengingat-ingat tentang hal apa yang paling membuat kita nyaman, aktivitas apa yang membuat kita selalu semangat saat melakukannya. Kemungkinan besar itulah potensi yang kita miliki.

Apakah Anda senang bermusik? Berpidato? Senang menulis? Ataukah dengan hal lain? Apapun kegiatan yang disenangi, mungkin itulah potensi Anda.

Bila senang dengan musik, marilah berkarya dengan nada-nada sehingga merangkai sebuah alunan nada yang indah.

Kalaulah menyukai pidato, mari kita sharing tentang pidato.

Apabila suka menulis, mari berbagi pengetahuan tentang menulis.

Tidak ada yang sulit selama kita mau berusaha dan berdoa.

Kami yakin, bahwa setiap manusia pasti memiliki potensi terpendam. Hanya saja untuk menemukannya itu yang sulit. Sehingga, kita terkadang kebingungan dan bertanya-tanya: sebenarnya aku ini bisa apa? Pertanyaan yang tersirat dalam benak itu yang disebut sebagai keraguan.

Buang semua keraguan, mulailah untuk mengenali diri dan temukan serta pahamilah setiap potensi dalam diri kita. Dengan mengetahuinya, kami yakin bahwa kita akan bertindak lebih efektif dan terarah untuk memaksimalkan potensi diri.

Perlahan mari kita belajar dan memulai untuk lebih mengenali diri kita terlebih dahulu. Setelah itu, baru kita tentukan hari esok yang lebih baik.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Tapi, berusaha menjadi lebih baik itu disarankan.

Selamat tahun baru 2017.

Semoga pidato ini bermanfaat. So, be your self.