Rabu, 07 November 2018

Pidato mengenai anjuran untuk berpikir positif

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato



Para audiens yang kami hormati...

Berpikir positif merupakan tindakan yang perlu kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari, entah itu kepada diri kita sendiri, maupun kepada orang lain.

Mengapa kita perlu melakukannya?




Karena kita tahu bahwa banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari hal tersebut. Beberapa manfaat sekaligus menjadi alasan utama mengapa berfikir positif itu perlu dilakukan adalah agar terhindar dari hal yang kurang baik.

Pernahkah Anda merasa bahagia saat pikiran baik sedang menghampiri kita? Tentunya kita pernah mengalami hal semacam itu, bukan? Dan pasti reaksi positif pun muncul saat itu juga.


Beberapa alasan perlunya berpikir positif yaitu:

  • Memberikan energi dan sugesti yang baik
  • Memperkuat motivasi untuk melakukan sesuatu
  • Mencegah terjadinya stres
  • Memaksimalkan kinerja otak
  • Memperkuat rasa percaya diri
  • Menjauhkan prasangka kurang baik
Berdasar enam hal itu, maka sudah jelas bahwa dengan menerapkan kebiasaan berpikir positif dapat menyehatkan jasmani dan rohani kita. Ada unsur positif dari bidang medis dan psikologis yang akan kita dapatkan dengan menerapkan hal tersebut.

Dari situ, pilihan ada di tangan kita masing-masing, apakah Anda mau mendapatkan manfaat dari kebiasaan berpikir secara positif atau tidak? Semuanya, kita sendiri yang akan memilih dan menentukan mana yang terbaik.

Semoga pidato ini memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Akhir kata:
Mari berpikir positif dan berusahalah untuk terus menunjukkan yang terbaik.