Minggu, 18 November 2018

Pidato dalam rangka Memperingati Hari Kartini (21 April)

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
 
Assalamualaikum Wr. Wb.
Bapak-bapak, ibu-ibu serta saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya hormati.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT kaerena atas limpahan rahmat, hidayat serta inayat-Nya kita semua masih dapat melaksanakan perintah-perintah Allah serta mematuhi perintah-perintah yang digariskan Republik Indonesia.
Ibu-ibu serta hadirin sekalian yang berbahagia.
Kita sebagai bangsa Indonesia khususnya kaum ibu-ibu atau kaum wanita, hari ini tepatnya yang selalu di peringati setiap tanggal 2 Mei, merupakan hari kebangkitan jiwa kaum wanita Indonesia, yang dipelopori oleh R.A Kartini. Raden Ajeng Kartini telah berhasil menggelorakan gagasan kemanusian wanita, dan menggungat hak asasi manusia,hak-hak persamaan dan kemerdekaan untuk hidup bermasyarakat dan menikmati kebahagaiaan hidup dan kehidupan selaku anugrah kepada segenap manusia, apakah ia seorang laki-laku ataupun perempuan. Karena kesuksesan perjuangannya di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia, maka kini hari lahirnya R.A Kartini diperingati dan dirayakan untuk diteladani dan membina, masyarakat dan bahagia. Lebih-lebih dewasa ini dimana kaum wanita telah hidup setara dan sejajar dengan kaum laki-lakinya. Ini bisa kita lihat dalam bidang apa saja yang dilakukan oleh kaum laki-laki, wanita pun turut ikut andil. Dari yang jadi pesuruh sampai kepada menjadi menteri, duta besar dan lain sebagainya.

Saudara-saudara, khususnya kaum ibu-ibu yang saya hormati. Selanjutnya, bagaimanakah fungsi kedudukan kaum wanita menurut ajaran Islam. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 228, Allah menjelaskan :
Artinya : Kaum wanita itu mempunyai dan kewajiban yang sama dengan kaum pria.
Dengan memperhatikan firman Allah tersebut jelaslah bahwa agama Islam memberikan kedudukan dan perhatian yang sebaik-baiknya terhadap kaum wanita. Juga agama Islam memberikan hak an kewajiban yang sama terhadap kaum wanita dengan kaum prianya, sesuai dengan alam dan fitrahnya masing-masing.
Misalnya saja kaum wanita dalam pandangan Islam menjadapat jaminanhak milik, kaum wanita berhak untuk mendapatkan pendidikn dan pengajaran, berhak pula untuk mengeluarkan pendapat dan saran dan lain sebagainya.

Di dalam hadits Nabi menyatakan :
Kaum wanita itu adalah soko gurunya (tiang) Negara, kalau wanitanya baik 9dalam arti terdidik, budi pekertinya baik), maka Negara pun akan menjadi baik pula.
Hadirin sekalian yangberbahagia.
Maka kita di dalam memperingati hari R.A Kartini tahun ini, marilah kita tingkatkan pengabdian kepada Tuhan Ynag Maha Esa, kita tingkatkan pula pengabdian kepada nusa dan bangsa juga kita lestarikan cita-cita luhur R.A Kartini sekaligus mencetak kader-kader kartini baru.
Demikian pidato/sambutan dari saya dalam rangka memperingati hari kartini, semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi kaum remaja putrid sebagai generasi bangsa, penerus cita-cita R.A Kartini.
Terimaksih atas segala perhatiannya dan mohon maas atas segala kekurangan dan kekhilafanya. Akhirul kalam wabillahit taufiq walhidayat wassalamu alaikum warohmatullohi wabarokaatuhu.


 Penelusuran yang terkait dengan kumpulan pidato islami

  • pidato agama islam tentang akhlak
  • pidato islami singkat dan lucu
  • pidato singkat islami untuk anak anak
  • pidato islami tentang ibu
  • pidato agama islam singkat tentang sedekah
  • pidato singkat islami beserta hadist
  • teks pidato agama islam tentang kejujuran
  • contoh pidato