Jumat, 23 November 2018

Contoh Pidato tentang Narkoba di Kalangan Pelajar

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Yang terhormat Ibu Guru
Dan teman-teman yang saya banggakan
Partama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini, untuk melaksanakan Ujian Praktek Pidato Bahasa Indonesia. Pada pertemuan ini, saya akan membahas tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

Penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda seusia kita kini kian meningkat. Padahal kita semua tahu bahwa obat-obatan terlarang tersebut tidak baik, tetapi banyak anak muda atau teman-teman kita yang menjadi korbannya. Bahkan bukan hanya remaja saja melainkan orang tua juga. Hal seperti ini sangat memprihatinkan bukan? Sehingga bakat atau potensi yang kita miliki akan menjadi sia-sia karena diri kita sendiri memanfaatkannya secara tidak baik.
Sebenarnya apa yang di maksud narkoba itu sendiri? Narkoba merupakan  singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Dan ada juga nafza. Nafza  adalah  singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya. Zat adiktif sendiri ialah obat-obat terlarang yang berbahaya dan mengakibatkan seseorang mempunyai rasa ketergantungan terhadap obat-obat tersebut. Narkotika dan Nafza. Kedua istilah ini sering digunakan untuk istilah yang sama, meskipun istilah nafza lebih luas keselurahannya. Penyalahgunaan Narkoba sangat merugikan bagi yang menggunakan, karena tidak hanya mengakibatkan kerusakan fisik namun juga menyebabkan kerusakan mental.
Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi obat-obat terlarang secara berkali-kali. Jika tidak melakukannya pengguna tersebut akan merasa ketagihan yang mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan diserta dengan rasa sakit yang sangat pada tubuh pengguna.

Biasanya orang-orang melakukan penyalahgunaan narkoba untuk bersenang-senang atau melampiaskan amarah dan berusaha melarikan diri dari tekanan hidup maupun tekanan batin. Dari informasi yang saya dapat, penggunaan narkoba di kalangan pelajar begitu sangat mengkhawatirkan. Sejumlah pengedar beroperasi di sekitar sekolah dengan cara memaksa, menipu bahkan sampai memberi obat-obatan terlarang itu secara gratis.
Hati-hatilah jangan sampai kita terjerumus karena sekali terjebak maka sulit untuk keluar. Para pencandu narkoba ini pada umumnya berusia produktif atau usia pelajar. Awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba diawali perkenalannya dengan rokok. Merokok saat ini pun sepertinya sudah menjadi hal biasa di kalangan pelajar. Dari kebiasaan buruk inilah, terkadang teman-teman kita yang merokok ini dapat melampiaskan amarahnya dengan cara menghabiskan satu pack rokok bahkan lebih dengan waktu yang singkat.

Beberapa dampak negatif penyalahgunaan narkoba adalah:
– Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,
– Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,
– Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,
– Sering menguap, mengantuk, dan malas,
– Tidak memedulikan kesehatan diri,
– Suka mencuri untuk membeli narkoba.
Lalu bagaimana cara mengatasinya apabila sudah terlanjur menjadi korban dari Narkoba? Usaha pencegahan terhadap narkoba di kalangan pelajar seusia kita, sudah sebaiknya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua kita, guru-guru, serta masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba.
Tetapi yang lebih menentukan bagaimana kita nantinya adalah diri kita sendiri, karena kitalah yang memilih hidup kita. Orang lain mungkin hanya memberi saran atau kritikan jangan sampai kita menjadi korban dari narkoba. Tetapi apabila kita telah lepas kontrol diri jangan sampai sembarangan dalam memilih teman bergaul.

Teman-temanku yang saya banggakan. Para pengedar Narkoba sedang mengincar kita kapan saja dan dimana saja. Mereka akan melakukan berbagai cara agar kita dapat tergoda untuk mencobanya. Apabila dengan mencobanya maka lambat laun kita akan ketagihan.
Mereka, para pengedar narkoba tersebut, tidak akan mau tahu bagaimana kita nantinya dan tidak pernah peduli dengan kehidupan kita dimasa depan. Pastinya mereka sedang memburu kita dan bersiap-siap menghancurkan masa depan kita. Tidak ada pilihan lain kecuali kita tetap waspada dan mampu membawa diri untuk tidak terpancing oleh rayuan mereka. Sayangilah diri kita, kasihanilah masa depan kita dan orang yang melahirkan dan membesarkan kita yaitu orang tua.
Yang tidak kalah penting ialah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada diri kita masing-masing. Karena salah satu penyebab terjerumusnya kita ke dalam hal negatif ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang kita serap.

Sehingga pada kesempatan ini saya mengajak teman-teman untuk bersama-sama lebih aktif dan peduli terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Marilah kita pergunakan waktu yang positif  bagi masadepan kita dan masa depan bangsa kita. Secara tegas pikiran, ucapan, hati dan perilaku kita mengatakan KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA pada dunia bahwa kita sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang terpelajar dan bebas dari narkoba tidak akan pernah sekali pun menyentuh narkoba apalagi memakai barang haram tersebut.
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat tuturkata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih. Selamat pagi.


 Pencarian Populer
  •     pidato tentang narkoba
  •     pidato narkoba
  •     pidato singkat tentang narkoba
  •     pidato tentang narkoba dan kesimpulannya
  •     Pidato
  •     contoh pidato tentang narkoba
  •     pidato persuasif tentang narkoba
  •     contoh pidato sing
  •     contoh pidato persuasif tentang narkoba
  •     contoh pidato narkoba