Kamis, 08 November 2018

Contoh pidato tema pentingnya menjaga komunikasi

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato



Komunikasi merupakan hubungan atau interaksi yang terjalin diantara 2 orang atau lebih untuk membahas hal yang dibicarakan. Menjaga komunikasi tetap baik itu penting agar tidak tidak terjadi salah faham. Oleh sebab itu, agar komunikasi tetap terjaga kita perlu membiasakan diri untuk terbuka dan menerima segala masukan. Berikut ini akan saya sampaikan contoh pidato dengan tema pentingnya menjaga komunikasi.

Contoh pidato ini diajukan untuk semua orang yang ingin menyampaikan pidato pada acara keorganisasian agar semua anggota menjadi solid dan terbuka.

Berikut ini contohnya:

Rekan-rekan seperjuangan, komunikasi adalah modal utama dalam sebuah organisasi. Dengan komunikasi yang lancar, kita dapat terhindar dari rasa curiga dan salah faham. Suatu organisasi tidak akan maju jika anggota di dalamnya memiliki sifat tertutup.

Kita harus yakin, komunikasi dapat menjadikan suatu organisasi bisa berhasil. Oleh sebab itu, kita perlu menjaganya agar komunikasi selalu seperti yang diharapkan.

Untuk menjaga kelangsungan-nya, maka diperlukan adanya komitmen diantara setiap anggota untuk terbuka dalam berbagai permasalahan, khususnya yang menyangkut kepentingan organisasi kita.

Tidak mudah untuk menjaga komunikasi agar selalu lancar, namun upaya dan itikad yang baik dapat menjadi motivasi untuk kita sehingga dapat melakukannya.

Banyak kejadian di luar sana yang berdampak kurang baik tanpa adanya komunikasi yang intens. Berbagai perdebatan hingga saling menjelekkan sudah menjadi "cemilan" setiap hari. Itu semua tiada lain penyebabnya adalah tidak dapat memelihara komunikasi.

Mari kita tingkatkan solidaritas kita, demi mencapai visi misi bersama. Sehingga, organisasi kita ini menjadi wadah yang solid dan kompak.