Senin, 26 November 2018

Contoh Pidato Mengenai Upaya Meminimalisir Kenakalan Remaja

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Hadirin yang saya hormati,
Sebelumnya, marilah kita panjatkan segala puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat dan rahmat-Nya kita diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat yang indah ini. Pada kesempatan yang berharga ini, ijinkanlah saya menyampaikan pesan-pesan kepada hadirin sekalian seputar pergaulan remaja masa kini.
Hadirin yang saya hormati,
Akhir-akhir ini, pada jaman modern, kita sering memperoleh informasi mengenai tingkah polah perilaku pergaulan remaja yang semakin tidak terkontrol. Teknologi yang semakin berkembang pesat, tidak dibarengi dengan kemajuan perilaku para muda mudi jaman sekarang. Bukannya untuk menambah pengetahuan, terkadang mereka menggunakan ddan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal-hal negatif tanpa sepengetahuan orang tua mereka. Tingkah polah inilah yang sering kita kenal dengan istilah kenakalan remaja.

Hadirin yang saya muliakan,
Berdasarkan berbagai informasi yang diperoleh, kita mendapatkan sebuah pertanyaan. Mengapa masa remaja penuh dengan dinamika?.Sebagaimana kita pahami, masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa.Masa remaja sendiri berada diantara rentang usia 13 hingga 21 tahun. Di dalam masa peralihan ini, seseorang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan, baik secara biologis, kognitif maupun sosial.
Proses pertumbuhan dan perkembangan pada remaja inilah yang kemudian dikatakan sebagai faktor yang mempengaruhi dinamika remaja. Faktor biologis sendiri merupakan faktor yang mempengaruhi perubahan jasmani, fungsi organ dan fungsi hormon.Perubahan yang terjadi karena faktor biologis sendiri tentunya menimbulkan perubahan dari diri seorang remaja, yang menjadikannya berbeda dari masa kanak-kanaknya.Selain faktor biologis, remaja juga mengalami perkembangan kognitif atau transisi kogitif.Secara kognitif, usia remaja memasuki tahapan pemikiran operasional formal. Pemikiran opersional formal sendiri bersifat lebih abstrak, idealis dan logis.Hal inilah yang kemudian menjadikan remaja mudah untuk mempelajari berbagai hal di usianya.

Selain, perkembangan secara biologis dan kognisi, remaja juga mengalami transisi sosial.Transisi sosial ini berkaitan dengan pergeseran antara hubungan remaja dengan orang tua, serta hubungan remaja dengan teman sebaya. Umumnya, remaja akan mengalami berbagai perbedaan pendapat dengan orang tua hingga menyebabkan perselisihan dengan orang tua. Hal inii terjadi karena remaja telah memiliki cara pandang yang telah berbeda. Namun, sebaliknya remaja akan belajar dan mengamati pola interaksi, pandangan serta minat teman sebaya. Hal ini dilakukan agar seorang remaja mendapatkan penerimaan.Teman sebaya memiliki peranan yang besar dalam membentuk kesejahteraan remaja, yang secara mendasar berhubungan dengan jaminan rasa aman, kasih sayang serta pengakuan diri.

Dari ketiga faktor yang telah disebutkan, kita dapat menyimpulkan bahwa faktor sosial merupakan faktor yang cukup besar pengaruhnya dalam dinamika remaja.Oleh karena itu, apabila seorang remaja senantiasa mengalami selisih paham dengan orang tua atau mengalami penolakan dari suatu kelompok, bukan tidak mungkin remaja akan melakukan hal yang melanggar norma yang berlaku, seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba serta seks bebas, atau hal tersebut biasa dikenal dengan kenakalan remaja. Kartono, ilmuwan sosiologi menyatakan bahwa,“kenakalan remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.

Hadirin yang saya hormati,
Karena besarnya pengaruh lingkungan sosial terhadap perkembangan diri remaja, maka kunci utama dalam pembentukan diri remaja adalah keluarga.Keluarga adalah lembaga sosial yang pertama kali seorang anak kenal.Di dalam keluarga banyak peran dan fungsi yang dijalankan, seperti peran orang tua dalam menjamin kebutuhan keluarga, peran kasih sayang dan lainnya.Oleh karena itu, sebelum seorang anak beranjak remaja dan mulai berkenaalan dengan lingkungan sosial lainnya, keluarga perlu membentuk pondasi yang kuat bagi seorang anak.Keluarga perlu menjalankan seluruh peran dan fungsinya dengan tepat.Seorang anak perlu dikenalkan pada figur-figur yang kemudian secara langsung membentuk dirinya.Kemudian, jika seorang anak telah memaasuki usia sekolah, yang secara otomatis anak akan berkenalan dengan lingkungan sosial selain lingkungan keluarga, maka orang tua perlu memantau lingkungan sosial anak. Orang tua harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulan seorang anak.Karena pada dasarnya, ketika seorang anak masuk ke dalam lingkungan sekolah, hal tersebut bukan berarti orang tua lepas tangan terhadap perkembangan anak.Karena sekolah hanyalah sebagian dari lingkungan sosial anak, bagaimanapun orang tualah yang memiliki tanggung jawab utama terhadap perkembangan anak.
Oleh karena itu hadirin yang saya muliakan, melalui pembahasan ini saya mengajak agar kita semua dapat membangun iklim yang positif bagi remaja, bagi anak.Kita awali hal positif dari keluarga dan komunikasi yang baik dengan sekolah serta lingkungan pergaulan anak.Semoga dengan upaya membangun iklim yang baik bagi anak, dengan menjadi figure yang baik bagi anak, maka perilaku kenakalan remaja dapat ditekan pada generasi selanjutnya.Sehingga yang kita harapkan adalah munculnya remaja-remaja yang memiliki pondasi kuat, jasmani yang sehat, motivasi yang kuat dan kemauan yang kuat untuk berprestasi pada berbagai aspek kehidupan.
Sekian pembahasan dari saya, terimakasih untuk perhatian dan kesempatan yang diberikan pada saya.Salam sejahtera bagi kita semua.

Assalammu’alaikum Wr.Wb
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya untuk kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul disini dengan penuh kemuliaan.
Sholawat serta salam tak lupa kami ucapkan dan semoga terus tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW. Berkat beliau kita terbebas dari jaman jahiliah dan merasakan indahnya dunia karena cahaya Ilahi.

Bapak/Ibu guru SMA … yang saya hormati dan seluruh teman-teman yang saya cintai. Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai kenakalan remaja. Fenomena yang saat ini sudah mulai tidak terbendung lagi.
Hadirin yang saya hormati.
Di era modern ini, kenalan seorang remaja sudah kian tak terbendung, dan bisa dikatakan sudah melebih batas. Sekarang ini sudah tidak heran bila kita melihat anak di bawah umur merokok, bahkan banyak diantara mereka yang sudah terbiasa minum minuman keras. Di usia kita sekarang ini, tidak jarang kita jumpai teman-teman kita yang sudah terbiasa dengan sex bebas, narkoba dan beberapa kenakalan remaja lainnya yang meresahkan warga. Semoga kalian semua tidak termasuk di dalamnya.
Saya berkata demikian bukan sebatas ucapan saja, banyak data dan fakta yang akan kalian peroleh bila sedang berselancar di dunia maya. Banyak berita-berita yang memberitakan maraknya kenakalan remaja di jaman modern ini.

Kemajuan teknologi juga menjadi penunjang bagi para remaja untuk melakukan kenakalan-kenakalan tersebut. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi penyebab kenakalan remaja di zaman modern ini. Pola asu orang tua dikatakan sebagai faktor utama maraknya kenakalan remaja saat ini.
Namun, maksud saya berbicara di sini bukan untuk menyalahkan orangtua kita atas pola asuh mereka yang keliru. Melainkan mengajak saudara-saudaraku semua untuk mengintrospeksi diri menjadi orang yang lebih baik lagi.
Percayalah, melakukan kenakalan remaja tidak akan memberikan kita keuntungan yang lebih. Justru akan membuat kalian semakin terpuruk. Banyak kerugian yang akan kalian peroleh bila kenalan-kenakalan itu terus kalian lakukan.
Demikianlah kiranya yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon dimaafkan
Wassalamualaikum Wr. Wb.



  • Contoh pidato tentang kenakalan remaja
  • ceramah tentang kenakalan remaja
  • pidato singkat tentang kenakalan remaja
  • pidato te
  • Pidato tentang kenakalan remaja
  • teks pidato tentang kenakalan remaja
  • ceramah tentang kenakalan remaja saat ini
  • kultum tentang kenakalan remaja
  • pidato persuasif tentang permasalahan remaja yang terjadi di jaman now
  • pidato singkat kenakalan remaja
  •