Sabtu, 03 November 2018

Contoh Pidato Kepala Desa Terpilih

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 

Contoh Pidato




Berikut ini contoh pidato-nya:

Bismillahirrahmaanirrohiim.. Assalamu alaikum wr.wb.,

Pada kesempatan ini, Alhamdulillah kita bisa melaksanakan pemilihan kades baru periode 2017-2022. Selama 6 tahun ke depan, Insya Allah, saya selaku kepala desa baru yang sudah Bapak/Ibu pilih, akan berusaha menjalankan tugas dan tanggung jawab saya dengan baik. Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat ... . Mari kita bersama-sama membangun warga desa yang kreatif, inovatif dan bermartabat.



Melalui visi misi dan RPJM serta RKP desa yang sudah dipersiapkan sebelumnya, mari kita berjuang bersama memajukan desa kita tercinta ini agar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik, dan semoga bisa lebih maju dalam berbagai bidang.

Saya berdiri di podium ini dan berada di depan semua tidak lepas dari dukungan Ibu dan Bapak sekalian yang telah memilih, dan hakikatnya merupakan kehendak Allah SWT.

Oleh sebab itu, program yang saya bawa untuk 6 tahun ke depan tidak berarti apa-apa tanpa partisipasi dan kerja-sama Bapak/Ibu semua yang hadir di sini. Untuk itu, sekali lagi, atas nama kepala desa terpilih, saya harapkan dukungan dan partisipasi dari semua masyarakat desa agar ikut andil dalam rangka menyukseskan visi misi dan program, sehingga cita-cita kita bersama untuk desa ini dapat terwujud.

Akhir kata, semoga dengan terpilih nya saya sebagai kades baru bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik, umumnya untuk desa ini dan khususnya untuk kita semua selaku warga/ masyarakat.

Billahi taofiq walhidaayah. Wassalamu alaikum wr, wb,

Demikian contoh pidato kepala desa terpilih yang bisa dibagikan dalam postingan ini. Semoga bermanfaat.

Catatan:
Bapak/Ibu dapat memberikan masukan untuk contoh pidato ini melalui kolom komentar di bawah ini. Setiap masukan yang Anda berikan itu sangat berharga untuk pemilik blog. Ingin berpartisipasi? Silahkan tuliskan komentar Anda dengan baik dan sopan.