Sabtu, 24 November 2018

Contoh Pidato Agama tentang Keutamaan Sedekah

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
 
 
Assalamualaikum Wr. Wb.
Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kita atas kehadirat dan rahmat yang senantiasa Allah SWT berikan kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul dalam majleis ini dengan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang syafaatnya selalu kita nantikan kelak di yaumul qiyamah.
Taukah mengapa Islam sangat menganjurkan kita untuk melakukan sedekah?
Banyak ulama yang sepakat bahwa sedekah itu memiliki banyak sekali keutamaan bagi dia yang ikhlas melakukannya. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Quran Surah Al Baqarah ayat 261
مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمۡوَٰلَهُمۡ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنۢبُلَةٖ مِّاْئَةُ حَبَّةٖۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُۚ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ
Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah: 261).
Dari Firman Allah SWT tesebut sudah jelas kita ketahui bahwa tidak akan kita menjadi jatuh miskin saat kita ikhlas memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan. Malah Allah SWT akan melipat gandakan sedekah yang kamu keluarkan.
Tujuan utama diperintahkannya sedekah adalah untuk mensucikan harta dan diri agar tentram bathin mereka dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Hal ini sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad SA.
Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).
Selain itu, banyak sekali keutamaan apabila kita melakukan sedekah dengan hati yang tulus dan ikhlas. Mengingat waktu yang terbatas, maka di sini saya hanya akan menyampaikan 5 keutamaan sedekah.

Pertama
Sedekah dapat mendekatkan kita kepada rahmat Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan di dalam Al Quran surah Al-A’raf ayat 56.
وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ
Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”.
Karena sedekah merupakan salah satu contoh amal baik atau amal sholeh yang diprioritaskan.
Selain itu, Rasulullah SAW juga bersadba bahwa “Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.” (HR Thabrani dan Baihaqi).

Kedua
Dengan sedekah, kita dapat memadamkan murka Allah SWT. Sebagaimana hadits riwayat Thabrani dan Ibnu Asakir “Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi.”
Ketiga,
Dengan sedekah, kita dapat terhindar dari suul khatimah atau mati dalam kondisi dan keadaan yang buruk. Hal ini dijelaskan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi.
“Akhlak buruk adalah kejelekan, kuat ingatan adalah mengembangkan, dan sedekah menolak mati suul khatimah.” (HR al- Baihaqi).
Keempat,
Sedekah mampu menjadi obat bagi orang sakit, penyakit-penyakit disembuhkan karena sedekah yang tulus ikhlas.
“Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit.” (HR Ad-Dailami dari Ibnu Umar).
Kelima,
Dengan sedekah, insya Allah hidup akan menjadi berkah dan rezeki bertambah. Seperti Firman Allah SWT dalam Al Quran surat At Tagabun ayat ayat 17
إِنْ تُقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعِفْهُ لَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۚ وَاللَّهُ شَكُورٌ حَلِيمٌ
Artinya: “Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun”.

Dalam tafsir Quraish Shihab ayat tersebut memiliki maksud “Jika kalian menginfakkan harta untuk kebajikan dengan ikhlas, maka Allah akan melipatgandakan pahala infak tersebut dan akan mengampuni dosa-dosa kalian. Allah Maha Berterimakasih dan akan membalas orang-orang yang berbuat baik, lagi Maha Penyantun hingga tidak menyegerakan hukuman bagi orang-orang yang berbuat maksiat.”
Itulah lima keutamaan sedekah bila kita lakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas.
Itu adalah amalan sedekah yang dilakukan pada bulan-bulan biasa. Bila kita lakukan pada bulan Ramadhan?
Berkaitan dengan sedekah di bulan Ramadhan, Nabi Muhammad SAW bersabda “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (HR At-Turmudzi dari Anas).

Dalam Hadits Riwayat Ahmad nomor 1716, Nabi SAW bersabda
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ مُوسَى بْنَ طَلْحَةَ أَنَّ حَكِيمَ بْنَ حِزَامٍ حَدَّثَهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ أَوْ أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ مَا أَبْقَتْ غِنًى وَالْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ
Artinya: “Telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Sa’id] berkata; telah menceritakan kepada kami [‘Amr bin ‘Utsman] berkata; saya telah mendengar [Musa bin Tholhah] [Hakim bin Hizam] menceritakannya berkata; Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik sedekah” atau “Sedekah yang paling utama adalah sisa dari kecukupan. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Mulailah dari yang kamu tanggung”. (HR. Ahmad nomor 1716).
Karena sedekah pada bulan ramadhan adalah amalan yang pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Keutamaan lain melakukan sedekah pada bulan Ramadhan adalah pertama, Allah SWT menebar rahmat dan ampunan-Nya untuk hamba-hamba-Nya. Barang siapa yang dermawan pada fakir miskin maka Allah akan membalasnya dengan kedermawanan-Nya.

Kedua, berkumpulnya puasa dan sedekah akan memperoleh balasan surga. “Sesungguhnya, di surga terdapat ruangan-ruangan yang di dalamnya bisa dilihat dari luar dan luarnya bisa dilihat dari dalam. Ditanyakan kepada beliau, untuk siapakah ruangan-ruangan itu? Rasulullah menjawab, ‘Ruangan itu diperuntukkan bagi orang yang bicaranya baik, memberi makanan, selalu berpuasa, dan shalat malam saat orang-orang tertidur.’” (HR Ibnu Khuzaimah).
Ketiga, puasa dan sedekah adalah ibadah yang paling hebat dalam menghapuskan dosa dan menjauhkan kita dari neraka. “Sedekah itu menghapuskan dosa seperti air memadamkan api.” (HR At-Tirmidzi). Sedangkan, puasa membersihkan dosa dan membakarnya. Keempat, sedekah menambah solidaritas sosial antara anggota masyarakat.
Demikian hebatnya keutamaan Sedekah,. Sudah seharusnya kita mempergunakan momentum mulia ini untuk meningkatkan kepedulian kita kepada fakir miskin dan orang-orang tertindas.
Selamat bersedekah, berbagi itu indah, hari hari yang anda lalui akan terasa sia sia jika anda melewatinya tanpa bersedekah.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Pencarian Populer
  • ceramah singkat tentang sedekah
  • pidato agama islam tentang sedekah
  • contoh pidato tentang sedekah
  • teks pidato bersedekah
  • pidato agama islam tentang sedekah beserta hadist nya
  • contoh teks pidato tentang sedekah
  • pidato agama islam singkat tentang sedekah
  • ceramah tentang sedekah
  • teks pidato kampanyae calon comlegialatif
  • contoh ceramah tentang sedekah
  • pidato agama
  • pidato tentang agama
  • contoh pidato agama
  • pidato singkat tentang agama
  • contoh ceramah
  • pidato keagamaan
  • ceramah singkat
  • contoh ceramah singkat
  • pidato tentang keagamaan
  • contoh pidato tentang keagamaan