Kamis, 22 November 2018

Contoh Kultum Singkat tentang Kebersihan Sebagian Dari Iman

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
 


    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Silahkan pilih pembukaannya di contoh mukadimah

    Bapak bapak ibu ibu jamaah yang dirahmati Allah SWT.

    Apakah bapak-bapak ibu-ibu jamaah sekalian yang di sini suka kebersihan? Bersyukurlah bagi bapak-bapak yang istrinya suka bersih-bersih rumah, baju dan bersih-bersih badan. Karena pasti setiap hari akan tercium aroma wangi. Betul? Selain wangi, kita juga pasti lebih suka melihat istri dan suami kita yang terlihat selalu bersih dan rapi, betul apa tidak?

    Kita pasti sering mendengar semboyan berikut ini

    النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

    Artinya: “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman.

    Maka dari itu kita harus selalu menjaga lingkungan kita agar tercipta lingkungan yang bersih dan bebas dari penyakit. Selain itu disamping menjaga kebersihan lingkungan kita juga harus menjaga
    kebersihan hati dengan selalu mendekatkan dri kepada Allah SWT.

    Bapak bapak ibu ibu jamaah.

    Menjaga lingkungan sangat dianjurkan dalam agama Islam, karena Allah SWT menciptakan lingkungan menciptakan bumi ini untuk kebutuhan manusia semua. Maka dari itu manusia wajib hukumnya untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

    Adapun manfaat dari menjaga kebersihan lingkungan ini cukup banyak, diantaranya suasana pandang mata menjadi nyaman, udara tidak tercemar dengan ada banyaknya sampah, sumber-sumber penyakit yang dari kotoran tidak ada, dan masih banayk lagi manfaat dari menjaga kebersihan lingkungan.

    Menjaga kebersihan bisa dimulai dari hal yang paling sepele yang ada didalam rumah kita, kita senantiasa menjaga kebersihan rumah dengan cara menyapu, mengepel, membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan menhjaga kebesihan lingkungan sekitar bisa kita lakukan dengan cara bergotong royong dengan warga masyarakat, misalnya mengadakan kerja bakti untuk satu kampung.

    Bapak bapak ibu ibu yang telah tertunduk karena ngantuk, Demikian yang dapat saya sampaikan, karena sebagian sudah khusyuk dalam mimpi, semoga apa yang saya sampaikan bisa kita amalakan dalam kehidupan seghari-hari.

    Wasalamualaikum Wr. Wb.


Pencarian Populer

  • kultum singkat
  • kultum
  • materi kultum singkat untuk remaja
  • kultum masa kini
  • contoh kultum
  • contoh tema ceramah
  • 20 kumpulan ceramah singkat
  • ceramah bersyukur panjang
  • conto kultum yang singkat
  • conto2 ceramah