Sabtu, 10 November 2018

Ceramah singkat tentang 6 kewajiban muslim terhadap muslim lainnya

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 

Contoh Pidato



Setiap muslim memiliki kewajiban yang mesti dilaksanakan, begitu juga dengan kewajiban terhadap sesama muslim lainnya. Sesuai ilustrasi tersebut, sakarang saya akan berbagi contoh ceramah tentang 6 kewajiban muslim terhadap muslim lain.

Contohnya dapat dibaca di bawah ini.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh... Hadirin yang saya hormati, manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Lahirnya kita ke dunia sebagai muslim tidak lepas dari kewajiban untuk bersosial. Baik terhadap tetangga, saudara, masyarakat, bahkan terhadap sesama muslim lagi.

Ada salah satu hadis sahih yang masih saya ingat ketika sekolah di pesantren. Arti dari hadis tersebut kurang lebih begini:

"Kewajiban muslim terhadap muslim lain itu ada enam. Pertama, apabila bertemu maka ucapkan salam. Kedua, apabila kita diundang maka harus datang. Ketiga, apabila ada yang meminta nasihat kepadamu, maka berikan dia nasihat. Keempat, apabila kamu bersin, maka ucapkan alhamdulillah, kemudian jawablah orang yang bersin dengan kata: Yarhamukallah. Kelima, apabila ada muslim yang sakit, maka tengok dia. Keenam, bila ada yang meninggal, maka antar jenazahnya ke makam". (Hadis Riwayat Muslim)

Berdasarkan hadis di atas, 6 hal tersebut merupakan kewajiban kita dalam bersosial berdasarkan islam. Dengan melaksanakannya, kita sudah menjalankan ibadah, dan setiap ibadah akan bernilai kebajikan / amal soleh. Dan Barang siapa yang berat amal solehnya ketika ditimbang di yaumul hisab, maka akan mendapatkan surga.

Untuk mengamalkan 6 kewajiban tersebut tidaklah mudah. Banyak sekali cobaan yang akan kita hadapi, terutama cobaan yang datang dari diri sendiri. Oleh sebab itu, jalan terbaik agar bisa mengamalkan 6 kewajiban terhadap sesama muslim adalah dengan belajar membiasakan diri.


Kewajiban 1: Apabila Bertemu maka Ucapkan Salam

Saat kita bertemu dengan saudara kita di jalan, terkadang kita malu bila harus mengucapkan salam. Padahal, selama kita mampu memberikan salam terhadapnya, maka berikanlah! Saat ingin memulainya, mungkin ada perasaan malu karena tidak pernah mengucapkan salam. Tapi, apabila sekali saja mencoba, Insya Allah kita pasti bisa.


Kewajiban 2: Apabila Kita Diundang maka Harus Datang

Selalu menghadiri undangan dari orang lain itu tidak mudah, apalagi kalau undangan tersebut bertepatan dengan jadwal lain yang sudah dijanjikan sebelumnya dengan pihak ketiga. Bila Anda ada di posisi seperti itu, sebaiknya mendatangi orang yang mengundang Anda dan katakanlah alasan Anda yang sebenarnya, dan mudah-mudahan dia mengerti dengan kondisi Anda.


Kewajiban 3: Apabila Ada yang Meminta Nasihat Kepadamu, maka Berikan Dia Nasihat

Kadang hidup ini memang terasa sulit dan tidak semua orang dapat melewatinya sendiri. Jika datang seseorang yang meminta nasihat atas permasalahan yang ia hadapi kepada Anda, maka kewajiban Anda adalah membantunya. Dengan memberikan jawaban atau solusi kepada orang tersebut, semoga masalahnya benar-benar terselesaikan.


Kewajiban 4: Apabila Anda bersin maka ucapkan alhamdulillah, dan jawablah orang yang bersin dengan kata: Yarhamukallah

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan orang yang bersin tepat dihadapan kita. Saat dia bersin kemudian mengucapkan alhamdulillah, maka kita wajib menjawabnya dengan kata Yarhamukallah. Kewajiban Anda hanya sampai di sana, selanjutnya orang yang bersin harus menjawabnya kembali dengan kata Yahdikumullah.

Pada kenyataannya, banyak diantara kita malah menertawakan orang yang bersin ketimbang mendoakannya. Hal tersebut mungkin terjadi karena banyak muslim yang tidak tahu. Jika sudah tahu, itu artinya kita wajib mengamalkannya. Perlu diketahui, bahwa mendoakan orang bersin akan bernilai ibadah ketimbang menertawakannya.


Kewajiban 5: Apabila ada Muslim/Orang yang Sakit, maka Tengok Dia

Semua orang pasti pernah mengalami sakit, entah itu sakit ringan, sedang, ataupun sakit parah. Saat tetangga, saudara ataupun orang yang kita kenal sedang sakit, membesuk/menengoknya adalah kewajiban. Ada nilai sosial yang besar dibalik amalan tersebut yakni dapat mempererat persaudaraan atau silaturahmi. Selain itu, mungkin orang yang pernah kita tengok akan berbalik menengok saat kita sakit.


Kewajiban 6: Bila ada yang Meninggal, maka Antar Jenazahnya ke Makam

Manusia adalah makhluk yang bernapas. Dalam ayat Al-Quran disebutkan: Kullu nafsin daiqotul maut. Artinya: segala sesuatu yang bernapas pasti akan mengalami maut.

Kita mungkin pernah melihat keranda berisi jenazah yang dibawa untuk dimakamkan. Saat melihatnya, maka kewajiban kita adalah mengantarkan jenazah itu ke tempat pemakamannya. Walaupun jenazah bukan merupakan orang yang kita kenal, namun berdasarkan hadis tadi kita tetap wajib mengantarkannya karena dia sama-sama muslim.


Bagaimana pendapat Anda tentang pidato di atas? Bantu kami meningkatkan pengalaman Anda dengan berkomentar dan memberikan masukan demi perbaikan.

Terima kasih.