Minggu, 04 November 2018

Ceramah Mengenai Kewajiban Mencari Ilmu

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato




Silahkan membaca ceramah tentang kewajiban mencari ilmu itu di bawah ini.

Mukadimah:
Bismillahirrahmanirrahim, Assalaamu alaikum wr., wb., Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta'inu alaa umuri dunya waddiini, waalaa aalihi washshahbihi ajma'iin ammaa ba'du.

Puji serta syukur, mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah mengaruniai kita dengan berbagai kenikmatan. Mulai dari nikmat sehat dan yang lainnya, yang mungkin tidak dapat kita hitung jumlahnya. Salawat dan salam, semoga tetap dicurah-limpahkan kepada nabi Muhammad SAW, keluarganya, serta kepada para pengikutnya yang taat. Semoga kita tergolong umat yang taat dan berserah diri kepada Allah.




Isi ceramah:

Para hadirin yang mengharapkan ridho Allah..
Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Seperti dalam hadist disebutkan:

Tholabul 'ilmi fariidhotun 'alaa kulli muslimin wal-muslimat
Artinya:
Mencari ilmu itu wajib untuk setiap muslim laki-laki dan muslimah.

Selain bersifat wajib, ternyata Allah telah menjanjikan bahwa Allah akan mengangkat "derajat" orang yang berilmu. Akan tetapi, ilmu yang bagaimana yang bisa mengangkat kita? Yaitu ilmu yang bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia..
Tidak ada batasan usia bagi kita ketika ingin mencari ilmu. Sebagaimana pernyataan yang menjadi dasar sebuah pendidikan yakni Long Life Education atau pendidikan sepanjang hidup. Itu sejalan dengan sebuah hadist yang bunyinya :

Tholabul ilmi minal mahdi ila lahdi
Artinya:
"Mencari ilmu itu wajib dari lahir hingga tutup usia".

Dengan demikian, pendidikan itu menjadi sangat penting bagi kita jika mengingat dua hadist yang disebutkan di atas.

Semoga dengan ceramah yang singkat ini kita semakin bersemangat dalam mencari ilmu, baik ilmu duniawi maupun ilmu untuk bekal di akhirat.

Aqulu qaoli hadza. Wassalamu alaikum wr., wb.,