Jumat, 30 November 2018

4 Contoh Pidato Tentang Mengucapkan Salam | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya. 


Contoh Pidato



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang saya hormati........., beserta........., dan hadirin yang berbahagia.
Untuk mengawali jumpa kita, marilah kita sejenak menyanjungkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. atas limpahan rahmat-Nya, sehingga kita bisa mengikuti acara ini tanpa ada halangan suatu apapun.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw, karena beliaulah sebagai suri tauladan dalam hidup ini, yang patut kita ikuti segera langkahnya. Mudah-mudahan kita termasuk umat Nabi Muhammad yang setia kepadanya.
Hadirin sekalian yang berbahagia,
Semua orang tentunya mendambakan, bahwa di akhirat kelak bisa masuk surga. Karena surga merupakan kediaman yang penuh dengan berbagai kenikmatan yang abadi. Dan untuk mencapai ke surga tidaklah hanya ditempuh dengan seenaknya saja dalam hidup ini. Padahal hamba Allah yang bisa masuk surga, adalah hamba yang beriman dengan sesungguhnya. Dan untuk mencapai iman atau hamba itu disebut beriman, maka haruslah saling mencintai sesama saudara. Kemudian langkah apa yang perlu diterapkan agar orang itu bisa saling mencintai terhadap saudaranya? Langkah yang perlu kita terapkan dalam hidup agar benar-benar terjalin rasa cinta terhadap saudara ialah menyampaikan ucapan salam di antara kita.
Dalam hal ini Nabi saw. bersabda:
"Kamu tidak akan masuk Surga, sehingga kamu telah beriman, dan kamu tidak dianggap beriman, kecuali kamu saling mencintai. Maukah kamu saya tunjukan tentang sesuatu, yang apabila kamu kerjakan pasti kamu akan saling mencintai? Sampaikan salam diantara kamu." (HR. Muslim)

Ucapan salam merupakan perbuatan terpuji yang patut kita sampaikan kepada siapa saja, baik yang anda kenal, maupun yang tidak kita kenal. Dan ucapan salam itu merupakan perbuatan yang paling baik dalam islam. Sehubungan dengan hal ini, maka Nabi saw. bersabda:
"Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw. Perbuatan apakah yang paling baik dalam islam, Rasulullah menjawab: Memberikan makan kepada Fakir miskin, dan mengucapkan salam kepada siapa saja, baik yang engkau kenal maupun yang engkau tidak kenal". (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Kemudian Rasululah pun bersabda:
"Wahai sekalian Manusia, sampaikan ucapan salam (kepada siapa saja orang Islam), dan hendaklah engkau suka memberikan makan, dan hendaknya suka menghubungkan kekeluargaan, dan salatlah di waktu malam di kala orang sedang nyenyak tidur, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat." (HR. Muslim)

Dan perlu juga kita mengetahui tentang cara mengucapkan salam, terhadap sesama muslim, baik yang kita kenal, atau yang kita tidak kenal. Dan tata caranya mengucapkan salam adalah sebagai berikut:
  • Hendaklah orang yang naik kendaraan memberikan salam kepada orang yang berjalan kaki.
  • Hendaklah orang yang berjalan kaki memberikan salam kepada orang yang duduk.
  • Hendaklah rombongan orang sedikit memberikan salam kepada rombongan orang yang banyak.
  • Dan orang yang muda usianya memberikan salam kepada orang yang lebih tua.
Itulah tata cara mengucapkan salam dalam syariat Islam. Demikianlah yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan membawa manfaat, kurang lebihnya kami mohon maaf.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.