Senin, 15 Oktober 2018

Pidato Singkat tentang Pentingnya Menjaga & Melestarikan Kebudayaan Indonesia



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

Berikut ini contoh pidato-nya:

Salam sejahtera bagi kita semua...
Hadirin yang berbahagia...

Kebudayaan merupakan warisan dari nenek moyang kita.
Kebudayaan tercipta dari kebiasaan nenek moyang di zaman dahulu yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Apabila kita melihat nilai historis yang terkandung di dalamnya, kebudayaan terlalu berharga jika hilang begitu saja.

Sejenak mari kita renungkan
Jika kita menciptakan sebuah karya dengan susah payah, maksudnya untuk diwariskan ke keturunan kita di masa depan, bagaimana perasaan kita, ketika karya yang telah dibuat itu tidak dimanfaatkan atau digunakan oleh mereka? Kita tentunya akan sedih.

Jika menghubungkan hal itu dengan kebudayaan yang diciptakan oleh nenek moyang kita, mungkin nenek moyang pun akan merasa sedih apabila kita tidak memelihara kebudayaan yang sudah mereka ciptakan sejak dahulu.

Indonesia adalah negara yang kental dengan kebudayaannya. Dalam artian Indonesia itu kaya dengan keragaman budayanya, mulai dari musik, permainan tradisional, seni rupa, tarian-tarian dan sebagainya, ada di negeri ini. Oleh sebab itu, kita sebagai bangsa yang cinta akan tanah air sudah sepantasnya menjaga dan melestarikannya karena itu semua merupakan harta yang berharga bagi kita.

Jika bukan kita, siapa lagi?

Hadirin yang berbahagia...

Bersama-sama, mari kita jaga agar itu tidak musnah ditelan waktu, sehingga generasi mendatang tahu betapa banyaknya kebudayaan di negeri ini, dan itu merupakan warisan leluhur yang patut kita jaga keberadaannya.