Senin, 15 Oktober 2018

Pidato Singkat Tentang Kesehatan Mata



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan  menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Mata.

Mata adalah salah satu panca indra. Mata adalah penghubung antara alam pikiran dan alam nyata. Keindahan alam beserta isinya, dapat dinikmati dengan mata. Mata sangat menunjang produktifitas seseorang. Ada banyak manusia yang matanya tidak sehat, bahkan mengalami kebutaan. Sehingga produktifitasnya berkurang. Agar mata selalu sehat, maka perlu dijaga kesehatannya.

Beberapa cara menjaga kesehatan mata yaitu, pertama; mengkonsumsi nutrisi untuk mata, kedua; melakukan kebiasaan yang baik untuk mata, ketiga; meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk mata. Keempat; istirahat yang cukup.

Yang pertama; mengkonsumsi nutrisi untuk mata. Mata membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat selalu sehat dan berfungsi secara normal. Nutrisi penting untuk mata adalah vitamin A, dan asam lemak omega 3. Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah wortel, tomat, bayam, pepaya, alpukat dan telur. Sedangkan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan.


Yang kedua; melakukan kebiasaan yang baik untuk mata. Misalnya memakai kaca mata agar mata tidak terkena debu atau sinar matahari. Rajin olah raga dan rutin memeriksakan mata ke dokter.

Yang ketiga; meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk mata. Kebiasaan yang buruk untuk mata adalah, membaca sambil tiduran, membaca dengan pencahayaan yang berlebih atau kurang, menonton televisi terlalu dekat, terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, mengucek-ngucek mata terlalu keras, dan terlalu lama fokus tanpa berkedip.

Yang keempat; istirahat yang cukup. Orang dewasa harus tidur selama enam jam sampai delapan jam sehari. Ketika tidur, matikan lampu agar mata dapat istirahat dengan sempurna. Terlalu lama fokus ke layar televisi, komputer atau gadget dapat membuat mata lelah dan kering oleh karena itu, setiap dua puluh menit, istirahatkan mata selama dua puluh detik dengan cara mengedipkan atau mengalihkan fokus mata.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan mata ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah
  2. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan
  3. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Gigi
  4. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Remaja
  5. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Mata