Senin, 15 Oktober 2018

Pidato Sambutan dalam Acara Ulang Tahun Anak



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Berikut ini contoh pidato atau sambutannya:



Assalamu alaikum adik-adik yang hadir di sini...
Selamat datang...
Adik-adik.
Sekarang teman kalian yang bernama Doni ini sedang dalam keadaan senang, karena hari ini Doni sedang berulang tahun.

Kalau boleh tau ini ulang tahun yang ke berapa, sayang?

Oh, yang ke-11.

Semoga di hari ini apa yang Doni inginkan bisa dikabulkan ya? Senantiasa sehat, semakin saleh, cerdas, dan bisa menjadi anak yang berbakti kepada Mama dan Papa.

Adik-adik semuanya, mari kita doakan agar cita-cita teman kita ini pada hari ulang tahunnya bisa terwujud. Amiin..

Untuk acara selanjutnya, kita persilakan Mama dan Papa-nya Doni untuk menyalakan lilin di kue ulang tahunnya. Setelah itu, Doni harus meniup lilin itu sampai padam.

Bagaimana Mama & Papa sudah siap?
Lihat, lilinnya sudah menyala.

Sebelum Doni meniup lilin itu, ayo adik-adik dan semua yang hadir di sini, kita nyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun". Mulai...

Ya, lilinnya sudah ditiup.

Sekarang potong kue nya oleh Doni dan berikan kepada Papa & Mama.

Tepuk tangan adik-adik...

Acara selanjutnya, untuk adik-adik tamu undangan yang membawa sesuatu atau hadiah berupa kado ulang tahun untuk Doni, silakan diberikan sekarang sambil bersalaman. Dan ingat juga ucapkan selamat ulang tahun...

Acara yang terakhir, mari kita tutup dengan berdoa lagi untuk kebaikan kita semua.

Ya, Allah ya Tuhanku, semoga acara yang sudah kami laksanakan ini mendapatkan ridho dari Mu. Kami hanya manusia biasa yang tidak tahu apa-apa. Hanya Engkaulah yang Maha mengetahui. Mudah-mudah perayaan ulang tahun ini mendapatkan berkah dari Mu, ya Allah.

Ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tua ku, sayangi lah kedua orang tuaku seperti mereka menyayangiku.

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil-akhirati hasanah waqinaa adzaabannar.

Semoga kita bisa bertemu lagi pada kesempatan yang lain di hari ulang tahun adik-adik sekalian.

Sampai berjumpa lagi...