Senin, 22 Oktober 2018

Pidato Hari Kemerdekaan untuk Pembina Upacara SD, SMP, SMA | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya. 

Contoh Pidato



Assalamualaikum Wr, Wb
Salam sejahtera bagi kita semua
Puji syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanallahu wataala yang telah memberikan nikmat tak terhingga kepada umat manusia.
Salawat serta salam kita haturkan kepada Rasululah yang telah mengantar kita dari abad kejahiliahan ke masa yang terang benderang.

Anak-anakku, siswa siswi SD.....
Pada hari ini, kita semua berkumpul di lapangan ini dalam suasana yang begitu membahagiakan. Ya, hari ini kita berada di sini untuk turut bergembira bersama-sama dengan segenap rakyat Indonesia, merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.
Tidak ada salahnya untuk sejenak, kita membayangkan suasana bangsa Indonesia pada tahun sebelum 1945. Sebuah tahun di mana saat itu bangsa kita mengalami penindasan, penjarahan dan penjajahan dari bangsa asing. Berduyun-duyun bangsa bangsa asing Portugal, Inggris, Belanda kemudian Jepang datang ke bumi nusantara untuk mengambil kekayaan.

Perjuangan demi perjuangan telah dilakukan untuk mengusir para penjajah, namun bangsa Belanda justru semakin kokoh mencengkeramkan kuku-kuku penjajahannya di bumi nusantara.
Dengan menggunakan bambu runcing, para pahlawan bertempur dengan gagah berani. Disusul dengan diplomasi-diplomasi yang tanpa kenal takut yang menguras pikiran, tenaga bahkan berpotensi mengancam jiwa para pahlawan.
Mereka, Bung Karno, Bung Hatta, Sjahrir, Bung Tomo, Jenderal Sudirman, Supriyadi dan para pahlawan yang begitu banyak jumlahnya mengorbankan jiwa mereka, mengorbankan kepentingan pribadi demi membebaskan diri dari belenggu penjajahan.
Hingga akhirnya, atas berkat rahmat Allah, hari bersejarah itu tiba jua. Di depan rakyatnya, Dwitunggal Sukarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka berdua menyatakan dengan lantang dan tanpa kenal takut, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berdaulat. Merdeka !
Murid-muridku

Sekali lagi syukurilah nikmat kemerdekaan ini, teruskanlah semangat juang pahlawan bangsa. Di depan sana, tantangan semakin berat.. Bung Karno telah menunaikan tugasnya dengan baik, sekarang dan seterusnya tugas kalianlah untuk menjaga bangsa Indonesia. Kalianlah yang kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa ini.
Merdeka !
Merdeka !
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas kesalahan.
Wabilahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr wb