Senin, 15 Oktober 2018

Pidato Bahasa Sunda tentang Kebersihan Lingkungan dan Terjemahannya



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   

Contoh pidato bahasa sunda tentang kebersihan lingkungan:

Bismillahirrahmaanirrahiim...
Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuhu...

Langkung tipayun, hayu urang panjatkeun puja, puji sareng syukur ka dzat Ilahi Rabbi. Mantena parantos maparin urang sadayana ku ni'mat nu seueur, nu mana eta ni'mat teh moal ka etang seueurna ku urang.

Solawat rawuh salam, mugia tetep dilimpahkeun ka panutan alam, nyaeta Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Teu hilap oge ka kulawargina, ka sahabatna, ka tabiin na. Mudah-mudahan dugi ka urang sadayana.
Aamiin ya Rabbal Aalamiin...

Bapa miwah Ibu anu ku simkuring dipihormat...

Dina danget ieu, simkuring bade ngadugikeun sababaraha hiji perkara anu penting pisan, sareng aya kaitanna sareng perkawis kabersihan di lingkungan Bapa sareng Ibu, warga desa ...

Bapa sareng Ibu...

"Kabersihan teh sabagean tina iman".
Sapertos disebatkeun dina hadist anu unggelna: "Annadlofatu minal iimaan". Nu hartosna parantos disebatkeun tadi.

Upami ditingal tina "kacamata" Islam, kabersihan teh nyaeta sapalihna tina "kaimanan". Di tingal tina segi medis, kabersihan teh pangkalna kasehatan.

Janten, urang teh tiasa metik dua manfaat tina ngajagi kabersihan teh. Nu kahiji nyaeta tos nyumponan kana parentah Islam. Nu kadua na parantos ngajagi kana kasehatan urang sadayana.

Kumaha atuh carana supados lingkungan urang tiasa bersih?
Carana teh nyaeta kedah beberesih miceunan sampah. Tiasa ku cara masing-masing, atanapi tiasa oge ku gotong royong supados padamelanna teu karaos beurat.

Upami aya pertarosan kieu: "Pa, da desa abdi mah teu gaduh tempat pamiceunan sampah. Kedah kamana miceun sampahna?".

Ibu, Bapa sareng wargi sadayana.

Aya sababaraha cara nu tiasa dilakukeun kanggo ngelola sampah teh.

Nu kedah dipahami heula ku urang nyaeta rupi atanapi jenis sampah.

Sampah teh aya dua jenis, nyaeta: sampah organik sareng non-organik. Nu kalebet organik teh nyaeta sampah anu dihasilkeun tina sesa-sesa makhluk hirup sapertos cangkang cau, dadaunan, sareng sajabina. Upami sampah non-organik mah nyaeta salian ti nu disebatkeun tadi; sapertos plastik, tilas lampu, jeung sajabina ti eta.

Dua jenis sampah eta teh kedah dipisahkeun dina miceun na, supados tiasa diolah ku cara nu benten. Pami nu organik mah engke na tiasa dijantenkeun pupuk. Atuh pami nu non-organik na tiasa dijantenkeun kerajinan, atanapi tiasa diical ka pabrik pangolahan sampah plastik sapertos tina cangkang akua sareng nu sanesna.

Anu penting mah, sampah teh teu kenging dibuang ka solokan. Sareng teu sae upami ditamrukeun, ke mangsana hujan, sampah eta bakal ka eusian cai hujan, nu akhirna eta tiasa janten tempat berkembangna reungit atanapi nyamuk. Masih mending keneh upami reungit biasa. Cobi banyangkeun upami reungit demam berdarah? Pami kitu mah, urang tangtos bakal aya nu janten korban DBD.

Bapa sareng Ibu anu ku simkuring dipihormat.

Janten, kabersihan teh penting pisan dijagi ku urang sadayana.

Salian ti Endah katingalna; urang oge bakal terhindar tina panyakit upami lingkungan urang bersih.

Kumargi kitu; hayu urang sasarengan ngajagi lingkungan urang tetep bersih, kanggo ngawujudkeun lingkungan nu sehat.

Mung sakitu anu tiasa didugikeun. Hatur nuhun kana perhatosanna.
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuhu...

Terjemahan pidato di atas (dalam bahasa Indonesia):

Bismillahirrahmanirrahiim…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuhu…

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah yang mana Dia telah memberikan kita semua nikmat yang banyak, dan itu tidak bisa kita hitung jumlahnya.

Salawat dan salam, semoga tetap diberikan kepada Rasulullah SAW. Tidak lupa juga kepada keluarganya, sahabatnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita semua. Aamiin

Bapak dan Ibu yang kami hormati…

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa hal yang penting sekali, karena ini ada kaitannya dengan kebersihan di lingkungan Bapak dan Ibu sekalian selaku warga desa ….

Bapak dan Ibu…

“Kebersihan itu sebagian dari iman”

Seperti telah disebutkan dalam sebuah hadis yang bunyinya: “Annadlofatu minal iimaan”.
Selain itu, jika kita lihat dari segi medis, kebersihan itu pangkal dari kesehatan.

Jadi, kita bisa “memetik” dua manfaat ketika kita berusaha menjaga kebersihan.

Yang pertama, kita sebagai muslim sudah menjalankan perintah ajaran Islam. Dan yang kedua, kita sudah menjaga kesehatan.

Lalu, bagaimana agar lingkungan kita bisa bersih?

Caranya yaitu harus membersihkan lingkungan dari sampah. Kita bisa melakukannya masing-masing atau bisa juga dengan gotong royong (kerja bakti) agar pekerjaan itu terasa ringan.

Jika ada pertanyaan begini:
“Pak, desa kami tidak punya tempat pembuangan sampah. Kemana kami harus membuang sampah itu?”

Jika demikian, bapak dan ibu mesti tahu bahwa ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengelola sampah.

Tapi sebelum itu kita harus tahu dulu jenis-jenis sampah.

Sampah itu dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: organik dan non-organik.

Yang termasuk sampah organik adalah sisa-sisa makhluk hidup. Misalnya: sisa nasi, dedaunan, kulit pisang, dan sebagainya. Adapun sampah non-organik adalah sampah selain itu. Misalnya: plastik, kaleng, kaca, dan sebagainya.

Kita bisa memisahkan dua jenis sampah itu di tempat yang berbeda agar bisa diolah dengan cara yang berbeda pula. Sampah organik bisa kita jadikan pupuk organik atau kompos. Sedangkan yang non-organik bisa kita jadikan kerajinan tangan, atau dijual ke pabrik pengolahan sampah plastik.

Yang terpenting, sampah itu jangan dibuang ke sungai. Dan tidak bagus juga jika sampah ditumpuk, karena saat datang hujan maka itu akan terisi air hujan. Akhirnya air hujan yang tertampung pada sampah plastik akan menjadi tempat bertelur nyamuk DBD. Dengan demikian, kita mungkin bisa menjadi korban DBD.

Bapak dan Ibu yang saya hormati.

Jadi, kebersihan itu penting dijaga oleh kita semua.

Selain bisa menjadikan lingkungan kita indah, kita pun akan terhindar dari penyakit jika lingkungan bersih.

Oleh sebab itu, mari kita bersama menjaga lingkungan kita agar tetap bersih untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan.

Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuhu...