Minggu, 21 Oktober 2018

Pidato Bahasa Jawa Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

  

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kanthi kabeh puji marang Allah SWT sing wis maringi kabecikan lan kesenengan kanggo kabeh kita supaya dina iki kita tasih bisa seneng udara seger lan bisa kumpul ing negara sehat lan atmosfer kulawarga sing terkenal saiki.

Wonten ing wekdal ingkang kaping kalih, pandonga lan salam-salam ugi dipun paringaken dhateng Nabi Muhammad ingkang ageng, ingkang sampun paring bimbingan lan panuntun dhumateng kita sedaya amargi kita wonten ing dalan ingkang ageng ingkang dipun paringaken dening Allah.
ing kesempatan iki, aku bakal menehi wacan singkat babagan pentinge pendhidhikan moral kanggo kita minangka masyarakat sing kebak kabecikan lan etika.
Aku bakal ngrembug pidato iki babagan pendidikan moral khusus kanggo aku lan para penonton.
Bapak utawa Ibu lan Ladies lan Gentlemen. bangsa bakal dianggep lemah yen umume ora bisa nunjukake moral nalika tumindak.
Mulane, tetep moralitas kita saka pengaruh ala sing bisa ngrusak nilai kawicaksanan sing kita urip saiki iku penting banget.
Ing jaman iki, urip manungsa luwih gampang lan praktis, kanthi kabeh fasilitas sing tambah akeh ngrusak kabeh kita, kanthi advokasi teknologi luwih gampang kanggo nindakake macem-macem kegiatan.

Aja gampang digeser sing wis ngakibatake pambocoran kesetiaan sing saiki ana. Nanging, kita kudu nggunakake kanggo tujuan sing luwih positif.
Mulane, ayo kita njagakake nilai-nilai moral, karakter kerjasama, rasa toleransi, rasa beda lan etika sosial. Diwiwiti saka kita sing dadi perangane wong tuwa, mula kita ngajari anak-anak, supaya bangsa iki tansah dilindungi saka bab-bab sing ora dikarepake.
Muga-muga kita tansah njaluk perlindungan lan sih-rahmat saka Allah, Maha Penyayang, Maha Penyayang.
Iku ucapan singkat sing bisa aku ucapake, muga-muga bisa menehi akeh keuntungan kanggo kabeh kita. Yen ana tembung sing ora seneng karo jantung, aku apologize profusely.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.