Minggu, 21 Oktober 2018

Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Kerapian.

Kerapian berasal dari kata rapi yang berarti teratur, tertata, tertib, beres tidak kusut, dan tidak acak-acakan.  Kerapian diri harus dijaga agar dapat mempermudah dalam beraktivitas. Kerapian pakaian, penampilan,  dan pekerjaan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam beraktivitas. Kerapian diri, pakaian, rumah dan lingkungan berpengaruh terhadap kesehatan jasmani dan rohani. Bahkan kerapian dapat menimbulkan rasa senang dan bahagia serta menimbulkan rasa hormat orang lain.


Rumah yang rapi dapat menciptakan kenyamanan setiap anggota keluarga serta kewibawaan. Demikian juga sekolah yang rapi dapat menciptakan kenyamanan bagi seluruh siswa, guru dan warga sekolah serta wibawa sekolah. Untuk menjaga kerapian, buanglah sampah pada tempatnya. Letakkan barang-barang pada tempatnya. Bersikaplah dengan sopan dan  tertib.

Kerapian dimulai dari dalam diri dan berefleksi ke luar,  ke lingkuangan sekitar. Bergaullah dengan orang-orang yang rapi agar termotivasi rapi. Keberhasilan akan lebih mudah diraih bila selalu bersikap rapi. Karena hasil yang baik berasal dari proses yang baik. Oleh karena itu jagalah selalu kerapian agar lebih mudah meraih keberhasilan.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  1. Pidato Kisah Hijrah Nabi Muhammad saw dari Makkah Ke Madinah
  2. Pidato Amanat pembina upacara: Menumbuhkan Toleransi
  3. Pidato Amanat pembina upacara: Hikmah Upacara Bendera 
  4. Pidato Amanat pembina upacara: Hobi Untuk Kesuksesan
  5. Pidato Amanat pembina upacara: Generasi Anti Korupsi 
  6. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Pramuka 
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang  Tahun Ajaran Baru
  8. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Olah Raga 
  9. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Guru 
  10. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Israk  Mi’raj 
  11. Pidato Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis 
  12. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian