Selasa, 23 Oktober 2018

Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Rajin Belajar

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara tentang Rajin Belajar

Belajar artinya meningkatkan kemampuan diri atau menambah keterampilan. Kemampuan diri dan keterampilan adalah sarana untuk mengatasi masalah-masalah dalam hidup. Sehingga dapat meraih kehidupan yang berkualitas.  Hanya orang-orang yang berkualitas yang dapat hidup berkualitas.


Di jalanan ada gelandangan dan pengemis yang hina. Hidup mereka hina dan tidak berkualitas. Sebaliknya, di kantor ada pengusaha dan pegawai, di sawah atau kebun ada petani, di laut ada nelayan dan pelaut,  di angkasa ada pilot dan astronot,  dalam mobil atau kereta api ada supir dan masinis, di pasar ada pedagang dan sebagainya. Mereka adalah para pekerja yang berkualitas.

Rajin belajar adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup. Agar rajin belajar, maka bergaullah dengan orang yang rajin belajar. Buatlah jadwal belajar harian dan mingguan. Tingkatkanlah porsi belajar sedikit demi sedikit. Tidur atau istirahatlah yang cukup. Belajarlah pada waktu yang nyaman misalnya waktu subuh. Duduklah yang baik di kursi belajar, jangan sambil tiduran. Pilihlah pakaian yang nyaman.

Pilihlah tempat belajar yang nyaman, bukan tempat yang berisik dan mengganggu. Gunakanlah alat bantu visual, audio dan kinestetik. Alat bantu visual seperti gambar, tabel, bagan. Alat bantu audio misalnya rekaman pelajaran atau ceramah. Alat bantu kinestetik misalnya gerakan tangan dan sebagainya. Buatlah ringkasan pelajaran. Dan ingatlah bahwa belajar sedikit demi sedikit lebih baik dari pada sistem kebut semalam.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Amanat pembina upacara: Generasi Anti Korupsi 
  2. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Pramuka 
  3. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang  Tahun Ajaran Baru
  4. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Olah Raga 
  5. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Guru 
  6. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Israk  Mi’raj 
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis 
  8. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian 
  9. Pidato Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis 
  10.  Pidato Amanat pembina upacara: Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos) 
  11. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Idul Adha 
  12. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Rajin Belajar