Kamis, 25 Oktober 2018

Pidato Amanat Pembina Upacara: Syahadat

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang islami yaitu tentang Syahadat.

Syahadat artinya bersaksi atau mengakui. Dua kalimat syahadat berarti dua kalimat persaksian atau pengakuan. Kalimat pertama, syahadat tauhid: bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Kalimat kedua syahadat rasul: bersaksi bahwa Muhammad saw utusan Allah.

Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah.
Saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah.

Anak  bayi yang baru lahir diazankan di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri. Dalam azan dan iqomah terdapat dua kalimat syahadat. Orang dewasa bersyahadat 9 kali sehari. Shalat shubuh: dua kalimat syahadat dibaca 1 kali yaitu pada duduk tasyahud akhir. Shalat zhuhur dibaca 2x yaitu pada duduk tasyahud awal dan duduk tasyahud akhir. Shalat ashar dibaca 2x, maghrib 2x dan isya 2x.

Seseorang yang akan masuk islam wajib mengucap dua kalimat syahadat dengan dua orang muslim sebagai saksi. Pada zaman dahulu, Umar bin khattab adalah kafir Qurays yang menentang Islam dan sangat ingin membunuh Rasulullah. Tapi pada suatu hari ia menghunuskan pedangnya kepada penduduk Makkah. Ia bertanya: “ Di mana Rasulullah”. Penduduk Makkah menjawab bahwa Rasulullah di rumah al-Arqam di bawah bukit Shofa. Umar bin khattab menuju bukit Shofa dan menggedor rumah al-Arqam. Para sahabat ketakutan dan tidak berani membuka pintu.
Tapi Hamzah memerintahkan untuk membuka pintu. Lalu masuklah Umar dengan menghunus pedang berkata: “ Mana Rasulullah?”. Hamzah dan  seorang sahabat memegang tangan Umar, khawatir pedangnya digunakan untuk membunuh Rasulullah.

Rasulullah datang dan ternyata Umar mengucap dua kalimat syahadat di hadapan Rasulullah. Rasulullah dan para sahabat bertakbir karena gembira.

Demikianlah dua kalimat syahadat diucapkan ketika akan masuk Islam. dua kalimat syahadat dapat diucapkan di rumah, di mesjid dan sebagainya. Dalam dua kalimat syahadat terdapat kalimat tauhid, laa ilaaha illallah.
Afdholu dzikri laa ilaaha illallah.
Dzikir yang paling utama adalah la ilaaha illallah.

Man akhirul kalam laa ilaaha illallah dakholal jannah.
Barang siapa akhir hayatnya nmengucap laa ilaha illallah maka ia akan masuk surga.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
 


  1. Pidato Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis 
  2. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian 
  3. Pidato Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis 
  4.  Pidato Amanat pembina upacara: Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos) 
  5. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Idul Adha 
  6. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Rajin Belajar 
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Motivasi Belajar 
  8. Pidato Amanat Pembina Upacara: Tentang Tata Krama
  9. Pidato Amanat Pembina Upacara: Tentang Waktu 
  10. Pidato Amanat Pembina Upacara: HUT Kemerdekaan RI, Cinta Tanah Air 
  11. Pidato Amanat Pembina Upacara: HUT Kemerdekaan RI, Nasionalisme dan Patriotisme 
  12. Pidato Amanat Pembina Upacara: Syahadat