Rabu, 17 Oktober 2018

Pidato Amanat pembina upacara: Sumpah Pemuda



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Sumpah Pemuda.

Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober.  Hari sumpah pemuda mulai diperingati sejak tahun 1959. Hari Sumpah pemuda adalah hari diadakannya kongres pemuda. Yaitu pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Kongres tersebut menghasilkan tiga pengakuan atau sumpah yaitu:

Pertama:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia.
Kedua:
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Tiga pengakuan atau sumpah tersebut merupakan sebuah visi  bahwa akan berdiri suatu negara yaitu negara Indonesia, akan bersatunya ratusan suku di Indonesia menjadi satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Negara dan Bangsa tersebut akan memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
Sumpah pemuda merupakan dampak dari politik etis Belanda. Yaitu edukasi, irigasi dan transmigrasi yang mulai diberlakukan tahun sejak 1901. Selama lebih dari 300 tahun belanda menjajah Indonesia. Jutaan rakyat Indonesia meninggal akibat penjajahan tersebut. Tak terhitung banyaknya hasil bumi Indonesia yang dibawa ke Belanda. Akibatnya Belanda mendapat tekanan dan kecaman dari dalam dan luar Negeri. Untuk meredam tekanan dan kecaman tersebut maka Belanda menjalankan politik etis.

Edukasi, artinya belanda membangun sekolah-sekolah untuk rakyat Indonesia agar rakyat menjadi pintar. Irigasi artinya Belanda membangun saluran air untuk sawah-sawah agar sawah menjadi subur sehingga rakyat menjadi sejahtera. Transmigrasi artinya Belanda mendistribusikan penduduk dari daerah padat penduduk ke daerah yang belum berpenduduk sehingga persebaran penduduk menjadi merata.

Akibat dari politik etis tersebut maka rakyat menjadi lebih pintar, lebih sejahtera dan persebaran penduduk menjadi lebih merata. Karena rakyat kini lebih pintar maka rakyat mampu mendirikan organisasi-organisasi dan melakukan diplomasi-diplomasi. Salah satunya adalah kongres pemuda sebagai salah satu cikal-bakal kemerdekaan Indonesia.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah
  2. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan
  3. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Gigi
  4. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Remaja
  5. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Mata
  6. Pidato Singkat Tentang Kesehatan
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Teknologi
  8. Pidato Amanat pembina upacara: Balasan Perbuatan Buruk
  9. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Pos dan Telekomunikasi
  10. Pidato Amanat pembina upacara: Peringatan Hari Bahari
  11. Pidato Amanat pembina upacara: Sumpah Pemuda