Rabu, 24 Oktober 2018

Pidato Amanat Pembina Upacara: HUT Kemerdekaan RI, Cinta Tanah Air

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah Tuhan  semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air.

Hadirin yang dimuliakan Allah…
17 Agustus 1945 adalah  hari kemerdekaan negara kita. Yaitu hari lahirnya bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kepada negara Indonesia.

17 Agustus 1945 adalah anugerah Allah yang telah dilimpahkan kepada seluruh rakyat Indonesai yang telah berjuang sekian lamanya mengusir penjajah yang menggenggam bangsa dan negara kita selama kurang lebih 350 tahun. Mereka berkeinginan menguasai negeri ini selamanya, karena terdorong keadaan ibu pertiwi ini yang sangat subur tanahnya, kaya akan harta tambang dan sebagainya. Ratusan tahun bangsa Indonesia telah berusaha melepaskan diri dari cengkeraman penjajah melalui suatu perjuangan yang gigih sekali, tidak mengenal waktu dan tidak mengenal menyerah. Segala yang dimiliki oleh rakyat pada waktu itu dikorbankan untuk kepentingan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan negeri ini, baik tenaga, pikiran dan harta bendanya, bahkan sampai jiwapun diserahkan dengan sukarela. Rakyat pada waktu itu tidak mengenal takut karena peluru dan bom-bom yang berdentuman di hadapannya demi kemerdekaan bangsa dan negara tercinta. Puluhan juta rakyat gugur  dan bercucuran darahnya di tengah medan pertempuran.


Hadirin yang dimuliakan Allah…
Adalah suatu kenyataan sejarah bahwa di antara sekian banyak rakyat yang berjuang dan gugur di medan pertempuran untuk memperoleh kemerdekaan tanah air kita adalah kaum muslimin yang dipimpin langsung oleh ulama. Itulah sebabnya ribuan ulama gugur di medan pertempuran. Kesungguhan umat Islam yang begitu besar didorong oleh rasa tanggung jawab dan kecintaan yang membara terhadap tanah airnya. Sebagaimana sabda Rasulullah:
 حُبُّ الْوَطَنِ مِنَ الْاِيْمَانِ

(Hubbul waton minal imaan)
Cinta tanah air adalah salah satu bagian dari iman.

Marilah kita kaum muda Indonesia memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar dan berprestasi. Harumkan nama bangsa di kancah dunia. Isi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik-baiknya serta dengan rasa cinta kepada tanah air.

Yakinlah bahwa kita ini adalah generasi muda penerus bangsa yang mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.
Dirgahayu Indonesiaku.
Merdeka! Merdeka!

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



  1. Pidato Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis 
  2. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian 
  3. Pidato Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis 
  4.  Pidato Amanat pembina upacara: Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos) 
  5. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Idul Adha 
  6. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Rajin Belajar 
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Motivasi Belajar 
  8. Pidato Amanat Pembina Upacara: Tentang Tata Krama
  9. Pidato Amanat Pembina Upacara: Tentang Waktu 
  10. Pidato Amanat Pembina Upacara: HUT Kemerdekaan RI, Cinta Tanah Air