Senin, 22 Oktober 2018

Pidato Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Gemar membaca dan menulis

Membaca adalah melihat dan memahami  isi tulisan dengan melafalkannya atau hanya dalam hati. Menulis adalah menuangkan isi pikiran dalam huruf, angka dan simbol-simbol. Bisa membaca belum tentu terampil menulis. Terampil menulis pastilah karena banyak membaca. Keterampilan menulis, tercipta karena banyak membaca. Oleh karena itu perbanyaklah membaca agar terampil menulis. 


Membaca adalah investasi yang sangat berharga. Pengalaman seseorang selama bertahun-tahun, dapat ditulis dalam sebuah buku, yang dapat dibaca dalam satu jam.  Membaca kisah sukses seseorang, dapat memotivasi pembaca agar sukses juga. Bahkan bisa lebih sukses. Rajin membaca bisa menghindarkan seseorang dari kisah klasik “keledai jatuh ke lubang yang sama, berkali-kali”.

Rajin membaca dapat membuat pintar, berwawasan luas, kreatif dan produktif. Di jalanan ada  gelandangan dan pengemis.  Mereka adalah orang-orang yang tidak kreatif dan tidak produktif. Rajin membaca dapat membuat nasib lebih beruntung dari mereka. Dengan banyak membaca, maka pikiran akan penuh dengan ide-ide kreatif dan produktif. Sehingga  akan termotivasi untuk menulis. Sehingga terciptalah keterampilan menulis.

Agar gemar membaca, mulailah dengan membaca cerita pendek, bacaan-bacaan yang ringan. Lalu secara bertahap dapat ditingkatkan dengan bacaan yang lebih berat. Agar gemar menulis, mulailah dengan menulis hal-hal yang ringan seperti jurnal harian. Walaupun cuma satu paragraf perhari. Lalu secara bertahap dapat ditingkatkan dengan tulisan yang lebih berat.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Amanat pembina upacara: Generasi Anti Korupsi 
  2. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Pramuka 
  3. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang  Tahun Ajaran Baru
  4. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Olah Raga 
  5. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Guru 
  6. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Israk  Mi’raj 
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis 
  8. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian 
  9. Pidato Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis